Pontianak (Antara Kalbar)- Koordinator perayaan Idul Adha 1438 H di lingkungan SMK Negeri 4 Pontianak, Syarif Abdul Rachman Hakim mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya pihaknya juga akan mengelar Sholat Ied dan pemotongan hewan Qurban bersama para guru dan para siswa serta masyarakat sekitarnya.

Ia mengatakan, kegiatan serupa itu telah dilakukan sejak enam tahun yang lalu hingga tahun 2017 ini.

"Ini tahun ke enam kami selenggarakan sholat Ied dan pemotongan hewan Qurban yang kami laksanakan di halaman sekolah," ungkap guru agama Islam SMK Negeri 4 Pontianak di Pontianak, Kamis.

Untuk menyukseskan pelaksanaan kegiatan tersebut, SMK Negeri 4 Pontianak telah membentuk panitia dengan persetujuan kepala sekolah.

"Dan kami juga sudah melakukan himbauan baik kepada guru, siswa dan para orangtua siswa untuk melakukan qurban di SMK Negeri 4," katanya.

Kepada para siswa dan guru, ujar Hakim, panitian Idul Adha sekolah telah menghimbau untuk mengumpulkan uang secara suka rela, dimana hasil pengumpulan uang tersebut nantinya akan dibelikan hewan.

"Nah jika itu sudah terkumpul, maka nantinya akan kami belikan hewan. Hewan tersebut akan kami sembelih usai sholat Ied dan disaksikan oleh para guru, siswa dan warga yang memang hadir," paparnya.

Hikmah dari kegiatan itu, katanya lagi, diharapkan dapat meningkatkan keimanan baik untuk siswa, para guru dan orang-orang yang ada lingkungan SMK Negeri 4 Pontianak.

"Siswa kami harapkan terbiasa untuk berqurban, karena arti Qurban itu sendirikan Qaraba yang bermakna pendekatan kita kepada Allah SWT yang diantaranya membiasakan kita untuk saling berbagi," katanya.

Memang tambahnya lagi, untuk saat ini khusuanya para siswa dibiasakan berqurban bersama-sama dengan mengumpulkan uang dan kemudian dibelikan hewan yang nantinya akan dipotong di hari H Idul Adha.

Hal ini selain memupukkan rasa gotong-royong dan kebersamaan, para siswa juga ditanamkan memiliki rasa peduli terhadap orang-orang dilingkungannya khususnya kepada orang-orang yang selalu hidup dalam serba kurangan.

"Selain itu, dalam pelaksanaan pemotongan qurban, kami juga mengajarkan anak-anak cara yang benar penyembelihan hewan seseuai dengan syariat Islam," ujarnya.

Seperti tahun lalu kata Hakim, pada perayaan Idul Adha SMK Negeri 4 Pontianak bisa melakukan penyembelihan dua ekor sapi. Ia berharap tahun ini SMK Negeri 4 paling tidak juga dapat menyiapkan dua ekor sapi untuk di qurbankan.


Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017