Sambas (Antara Kalbar) - Ribuan warga yang berada di Kecamatan Tebas, Sambas, Kalimantan Barat, mengikuti pawai taaruf dalam rangka menyambut dan perayaan tahun baru Islam, 1 Muharram 1439 Hijriah.

"Ada sekitar 67 kelompok mengikuti pawai kali ini yang terdiri dari kelompok Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), remaja masjid, TPA, serta pelajar SMP dan SMA. Belum lagi masyarakat umum lainnya yang begitu antusias menyaksikan," ujar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Tebas, Nurpalah saat dihubungi di Sambas, Kamis.

Nurpalah menjelaskan melalui kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk mensyiarkan Islam, serta menjalin silaturahmi dengan berkumpul bersama.

"Melalui peringatan tahun baru Islam juga dapat menjadikan umat Islam melakukan introspeksi diri. Sehingga pada tahun-tahun yang akan datang menjadi lebih baik," kata dia.

Ia menambahkan melalui pawai taaruf juga bagaimana masyarakat bisa memaknai hijrah agar menjadi lebih baik dengan meningkatkan keimanan dan keislaman pada diri sendiri serta keluarga.

"Sebenarnya sebelum pawai taaruf kita juga rangkai dengan safari dakwah. Kegiatan safari dakwah oleh PHBI Tebas, turut dilakukan dengan mendatangi desa-desa sebelum pawai taaruf digelar. Safari dakwah, akan terus dilakukan dengan mendatangi desa yang belum didatangi oleh safari dakwah PHBI Tebas," papar dia.

Sementara itu, Ketua BKMT Kabupaten Sambas, Muazah Al-Adawiah mengatakan melalui peringatan tahun baru Islam bisa menjadi awal untuk melakukan perubahan dalam hal meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

"Apa yang dilakukan oleh PHBI Kecamatan Tebas merupakan kegiatan yang positif. Pawai taaruf telah memperlihatkan kekompakan dan kerukunan umat Islam, karena secara beramai-ramai berjalan bersama-sama. Itu juga bagian dari dakwah," kata dia.


Ikuti berita: #TahunBaruIslam


(U.KR-DDI/N005)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017