Pontianak (Antara Kalbar) - Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr Mohammad Sutomo Lanud Supadio, menggelar pemeriksaan deteksi dini kanker payudara dan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dalam rangka memperingati HUT ke-72 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan bulan peduli Kanker.

"Kegiatan pemeriksaan deteksi dini kanker payudara dan IVA sangat bermanfaat bagi ibu-ibu karena dengan adanya pemeriksaan ini kita dapat mengetahui sedini mungkin kesehatan organ tubuh kita," kata Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 19/D.I Lanud Supadio Ny Wanty Minggit Tribowo di Sungai Raya, Rabu.

Dia menjelaskan, selama ini, kanker payudara dan kanker serviks merupakan penyakit kanker yang paling ditakuti kaum wanita. Kedua jenis kanker ini banyak sekali yang diderita oleh kaum hawa dan berujung kepada kematian.

Wanty menambahkan, kebiasaan hidup yang kurang sehat juga bisa menyebabkan kanker serviks. Selain itu, kebiasaan merokok, kurang asupan vitamin C dan E, seringnya berganti pasangan, berhubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan, melakukan hubungan intim pada usia dini, juga dapat menyebabkan mudahnya wanita terserang kangker Serviks tersebut.

"Dengan adanya pemeriksaan ini tentunya menguntungkan kita karena bila terdeteksi bisa dapat dilakukan pengobatan sedini mungkin. Oleh sebab itu saya menghimbau kepada ibu-ibu untuk tidak malu-malu memeriksaan organ tubuhnya, karena ini penting bagi kesehatan pribadi kita masing-masing," tuturnya.

Salah seorang anggota PIA AG Cab. 19/D.I Lanud Supadio, Tina (35) menyambut baik dengan adanya pemeriksaan payudara dan IVA.

"Awalnya saya malu untuk memeriksakan diri namun karena atas saran suami dan mempertimbangkan pentingnya pemeriksaan ini akhirnya saya mengikutinya," katanya.

(U.KR-RDO/B012)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017