Pontianak (Antara Kalbar) - BPJS Kesehatan Singkawang bersama managemen Hotel Swiss Belinn Singkawang melakukan kerjasama dalam rangka meningkatkan kepesertaan JKN-KIS di wilayah Sing Bebas (Singkawang, Bengkayang dan Sambas).

"Kerjasama (MoU) ini dalam rangka meningkatkan kepesertaan JKN-KIS khususnya di wilayah Sing Bebas," kata Kepala BPJS Cabang Singkawang, Mardani, di Pontianak, Jumat.

Yang mana dalam pelaksanaannya, manajemen Hotel Swiss Belinn akan memberikan harga spesial bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) yang akan menginap di hotel tersebut.

"Artinya, managemen Swiss Belinn akan memberikan discount atau potongan harga kamar, dikisaran antara 32-38 persen," ujar dia.

Melalui program ini, Mardani berharap, dapat mendorong aktifnya para pengguna JKN KIS khususnya di wilayah Sing Bebas. Dimana nanti untuk mendapatkan fasilitas potongan harga tersebut pengguna harus mampu menunjukkan keaktifan kartu JKN-KIS tersebut.

"Kita menginginkan peserta JKN-KIS rutin membayar iurannya, salah satunya dengan pola seperti ini. Dimana setiap pengguna yang akan memanfaatkan diskon, menunjukan kartu JKN KIS, dan bukti kartu aktif dari aplikasi BPJS Kesehatan Mobile," jelas dia.

Menurut dia, melalui program ini juga untuk lebih memfamiliarkan aplikasi BPJS Kesehatan Mobile di masyarakat. Karena di aplikasi tersebut memiliki banyak fungsi yang tentunya sangat bermanfaat bagi pengguna.

"Keberadaan aplikasi ini penting, diantaranya pengguna dapat melihat fasilitas kesehatan terdekat, dan masih banyak yang lainnya khususnya tentang JKN-KIS," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, General Manajer Hotel Swiss Belinn Singkawang, M Jufri Saka sangat mengapresiasi langkah kerjasama ini. "Karena Swiss Belinn juga memiliki divisi yang berkaitan dengan kegiatan sosial di masyarakat," katanya.

Selain bagian dari bisnis develoment, menurutnya, ini juga upaya mensosialisasikan ke masyarakat untuk bisa menjadi peserta JKN-KIS. Menurutnya pula, program ini sebenarnya sudah berjalan namun memang tidak ditujukan kepada masyarakat luas.

"Awalnya memang sudah ada potongan harga tapi hanya pada pegawai instansi tapi sekarang bisa dinikmati seluruh peserta yang terdaftar JKN-KIS yang aktif," ujarnya.

Diakuinya pula, untuk mendapatkan fasilitas potongan harga tersebut bisa dinikmati semua pengguna kartu JKN-KIS.

Tidak hanya bagi warga Singkawang saja. Tapi semua daerah, untuk potongannya diakuinya berdasarkan harga yang di publis kemasyarakat dan sifatnya Flat Price.

"Memang untuk perhitungannya sekitar 32-38 persen, namun ini sesuai Flat Price dari harga di publik," ungkapnya.

Jufri mencontohkan, untuk kamar Deluxe yang awalnya Rp900 ribuan dengan adanya pemotongan harga itu bisa menjadi Rp500 ribuan saja. Kemudian, untuk Super Deluxe dari Rp1 juta bisa menjadi Rp600 ribuan.

Dia berharap, melalui program ini bisa diikuti oleh banyak usaha perhotelan lain untuk menjalin kerjasama dengan BPJS Singkawang.

(U.KR-RDO/A029)

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017