Pontianak (Antara Kalbar) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) sejak Senin (30/10) telah mengoperasikan BNI DigiLib46, yakni perpustakaan digital yang ditempatkan di depan BNI KCP Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak.

"Ini sebagai sarana bagi dosen, mahasiswa dan masyarakat umum untuk membaca buku secara digital melalui fasilitas 4 buah tablet PC yang tersedia," ujar Pemimpin BNI Cabang Pontianak, Haryanto di Pontianak, Selasa.

Haryanto menjelaskan sistem perpustakaan dalam 4 tablet PC tersebut menggunakan aplikasi Perpustakaan Nasional Indonesia (iPusNas) dengan user ID BNI Pontianak dan tablet dikondisikan hanya dapat mengakses aplikasi tersebut.

"Biaya pendaftaran anggota perpustakaan nasional adalah gratis. Mahasiswa, dosen dan masyarakat umum dapat dengan mudah mengakses buku apa yang mau mereka baca dan yang pasti tidak perlu repot, cukup dengan mengetik judul buku yang dicari ke tablet maka buku tersebut dapat dinikmati langsung," kata dia.

Ia berharap fasilitas yang baik dan pertama kali diterapkan di perbankan umum di Kalbar tersebut dapat dimaksimalkan sebagaimana mestinya.

"Dengan dibangunnya perpustakaan digital tersebut diharapkan dapat memberikan layanan maksimal kepada nasabah eksisting BNI KCP Untan yang mayoritas merupakan dosen dan mahasiswa dan juga menjadi sarana edukasi perbankan digital kepada pengguna yang menggunakan fasilitas perpustakaan," jelasnya.

Sementara itu saat peresmian Digilib46 Untan, selain dihadiri Pemimpin BNI KCP Untan, Yusriana, juga hadir perwakilan dari Untan yakni Kepala Bagian Umum Universitas Tanjungpura, M Ali.

M Ali dari pihak Untan Pontianak mengatakan dengan adanya Digilib46 ini sangat bermanfaat dalam mengisi waktu saat antre. Karena di era digital ini semua informasi dapat dengan mudah di akses melalui sistem digital.

"Dengan perpustakaan digital tersebut tentu mahasiswa dan masyarakat umum lainnya dapat dengan mudah membaca buku-buku yang mereka butuhkan dengan menggunakan fasilitas yang ada. Kami mengucapkan terima kasih karena BNI telah mendukung mahasiswa dosen ataupun pengunjung untuk mendapatkan informasi secara mudah di BNI KCP Untan," papar dia.



(U.KR-DDI/T011)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017