Sintang  (Antara Kalbar) - Sebanyak 31 pejabat di Pemerintah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, mengikuti tes terbuka lelang jabatan untuk beberapa posisi jabatan di pemerintahan setempat.

"Seleksi lelang jabatan dimulai 27 hingga 30 November 2017," kata Kepala Bidang Data dan Perkembangan, Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sintang, Agustinus, ditemui di Sintang, Rabu.

Ia menjelaskan peserta seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah Kabupaten Sintang yang mendaftar sebanyak 31 orang dari 45 pejabat struktural eselon III/A di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang yang memenuhi syarat.

Dikatakan Agustinus, sasaran yang ingin dicapai dalam seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang itu untuk memperoleh pejabat pimpinan tinggi pratama yang memiliki kompetensi sesuai dengan standar yang dipersyaratkan.

"Tim penguji juga akan meminta setiap peserta menulis, presentasi, analisis kasus, `leadership group discussion`serta kompetensi teknis bidang yang diuji dengan seleksi administrasi, penulisan makalah, wawancara dan rekam jejak," jelas Agustinus.

Diharapkan hasil penilaian dapat disampaikan oleh tim panitia seleksi dalam waktu yang tidak terlalu lama mengingat tiga jabatan kepala dinas Kabupaten Sintang yang masih kosong, yaitu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.

"Empat orang dari masing-masing yang mendaftar di tiga jabatan yang masuk sebagai nominasi selanjutnya akan di seleksi oleh Komisi Aparatur Sipil Negara di Jakarta," kata Agustinus.

Selanjutnya, kata Agustinus, hasil penilaian kompetensi itu dapat menjadi salah satu pertimbangan dari Bupati Sintang dalam melakukan wawancara untuk memilih tiga calon yang direkomendasikan untuk menjabat di tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Sintang tersebut.



(T.KR-TFT/N005)

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017