Pontianak (Antaranews Kalbar) - Bupati Kubu Raya Rusman Ali menginstruksikan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mempercepat pelaksanaan lelang proyek pada 2018.

"Saya minta dan ini perlu menjadi atensi bagi semua SKPD yang ada agar bisa mempercepat proses lelang. Kalau lelang ini cepat, tentu pekerjaan akan segera dilakukan," katanya di Sungai Raya, Sabtu.

Dia menyatakan, proses kegiatan lelang ini harus dilakukan pada awal 2018, sehingga pada Maret atau April 2018, semua pekerjaan sudah bisa mulai dilakukan.

Hal itu juga disampaikannya untuk unit layanan pengadaan (ULP), yang diminta untuk mempelajari sejumlah proyek pada 2017 dan melakukan evaluasi.

"Setelah evaluasi, pengerjaan tersebut segera dapat dilelang lebih awal. Perencanaan kegiatan 2017 juga harus dipelajari lebih cermat dan saya yakin semua bisa, sehingga SKPD harus lebih serius dalam melaksanakan tugas-tugas tahun 2018 ini," katanya.

Dirinya juga mengingatkan kepada setiap pimpinan perangkat daerah, agar segera menyusun rencana pelaksanaan kegiatan 2018, secara sistematis dan terukur.

"Jika memang ada kegiatan yang merupakan pendukung kegiatan lain, yang harus dilakukan di awal tahun anggaran, segera laksanakan. Jangan dilakukan di pertengahan, apalagi di akhir tahun anggaran," kata Rusman Ali.

Dia mencontohkan untuk kegiatan pembangunan gedung dan infrastruktur jalan. Diharapkan dapat dilakukan segera agar tidak terkejar waktu dan hasilnya bisa maksimal.

"Sebab, apabila dilakukan di pertengahan, apalagi di penghujung tahun anggaran, daya dan hasil gunanya tidak maksimal. Untuk itu, saya meminta dengan masyarakat, perangkat daerah terkait, pengusaha, dan konsultan bersama-sama berkomitmen membangun Kabupaten Kubu Raya menyangkut berbagai aspek kehidupan masyarakat," katanya.



(U.KR-RDO/K007)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018