Singkawang  (Antaranews Kalbar) - PLN Area Singkawang, Kota Singkawang, Kalbar, telah menyiapkan cadangan pasokan listrik sebesar 100 persen untuk menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2018.

"Kami sudah siap 100 persen, ditambah listrik cadangan sebesar 100 persen untuk menyambut perayaan Tahun Baru Imlek tahun ini," kata Manager PLN Area Singkawang, Sumarsono, Selasa.

Bahkan, dalam menyambut perayaan tersebut pihaknya pun saat ini sedang gencar melakukan pemeliharaan listrik sehingga pada hari H Imlek nanti, listrik dapat berjalan dengan aman dan terkendali.

Namun, listrik padam (gangguan) bisa saja terjadi apabila kondisi cuaca sedang tidak baik seperti yang terjadi beberapa hari terakhir ini.

"Karena cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini khususnya di Kota Singkawang, tentu sedikit berpengaruh terhadap jaringan listrik, sehingga bisa menyebabkan listrik padam," ujarnya.

Dia mengatakan, cuaca ekstrem ini juga merupakan satu diantara sejumlah tantangan dalam pengamanan pasokan listrik, terutama pengaruh gangguan terjadi karena adanya pohon tumbang yang dekat dengan jaringan PLN.

Memasuki musim penghujan yang disertai dengan angin yang cukup kencang, dia mengimbau kepada warga untuk selalu memperhatikan pohon-pohon yang ada di sekitar lingkungannya.

"Jika ada pohon atau ranting-ranting yang kiranya sudah tua dan cukup mengkhawatirkan, sebaiknya segera dipangkas agar tidak mengganggu jaringan listrik," tuturnya.

Selain pengaruh cuaca, gangguan listrik juga bisa terjadi disebabkan adanya gangguan di gardu induk (GI).

Menurut dia, banyak sekali penyebab gangguan di Gardu Induk seperti trafo jebol karena overload atau karena tua, oli trafo yang bocor, tersambar petir, isolator tembus, percikan api atau korona, kelembaban tinggi, peralatan pendukung terbakar dan lain-lain.





(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018