Pontianak (Antaranews Kalbar) - Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, mengajak orang tua untuk selalu rutin memeriksakan kesehatan gigi anaknya sejak dini karena masalah gigi tidak boleh dianggap sepele.

"Selalu periksalah kesehatan gigi anak sejak dini. Orang tua jangan sampai lalai untuk memeriksakan gigi anaknya kepada dokter sebab masalah gigi juga bisa menimbulkan penyakit lainnya," ujar Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Sambas, Fatah, saat dihubungi di Sambas, Jumat.

Ia menyebutkan persoalan gigi di Indonesia, terutama Kalimantan Barat dan Kabupaten Sambas itu sendiri tidak terlepas dari pola makan masyarakat.

"Pola makan yang biasa dilakukan di antaranya perpaduan makam panas dan dingin yang bisa menyebabkan mudahnya gigi rusak," jelas dia.

Ia menambahkan juga bahwa air yang dikonsumsi masyarakat kebanyakan masih menggunakan air hujan. Belum lagi tidak memperhatikan rutinitas dalam menggosok gigi.

"Air hujan tidak bagus untuk kesehatan gigi karena tidak adanya zat yang terkandung pada setiap tetes air hujan.

Padahal, gigi memerlukan beberapa kandungan zat untuk mencegahnya dari serangan kuman ataupun bakteri yang bisa merusak gigi," paparnya.

Jika terlambat dalam mencegah kerusakan gigi menurutnya akan sulit untuk diperbaiki. Kerusakan gigi akan menyebabkan juga sakit ginjal dan jantung sehingga kembali harus menjadi perhatian semua pihak.


Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018