Singkawang(Antaranews Kalbar) - Pada H-1 Festival Cap Go Meh di Singkawang, para peserta tatung menjalani ritual cuci jalan di beberapa vihara yang ada di Kota Singkawang, Kamis.

Momentum tersebut pun sepertinya tak mau disia-siakan oleh warga lokal maupun tamu yang sudah datang ke Singkawang untuk menyaksikan ritual itu tepatnya di Vihara Tri Dharma Bumi Raya (pusat kota) Singkawang.

Salah satu tatung, Susi Susanti (28) mengatakan, ritual cuci jalan bertujuan untuk mengusir atau membersihkan segala bala dan roh jahat yang ada di seluruh kota.

Wanita yang sudah belasan tahun ikut dalam perhelatan Cap Go Meh ini akan turun bersama 8 rombongan dari Pekong Jl Tani Gang Bersama, Jumat (2/3).?

"Kita ada 8 rombongan yang terdiri dari 6 tatung pakai tandu dan 2 tatung jalan kaki," ungkapnya.

Menurutnya, tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti Cap Go Meh. "Paling makan vegetarian selama tiga hari sebelum tampil," ujarnya.

Jumlah tatung yang akan beratraksi pada perhelatan Festival Cap Go Meh Singkawang ada sebanyak 1.038 tatung.

Para tatung akan berjalan mengikuti rute yang sudah ditentukan, antara lain, dimulai dari simpang empat Kantor Imigrasi menuju ke Jl Firdaus, Jl Pangeran Diponegoro, Jl Kepol Mahmud, Jl Sejahtera, Jl Budi Utomo, Jl Hasan Saad, Jl Setia Budi, Jl Niaga, Jl Pai Bakir dan finis di simpang empat Hotel Prapatan.

Sementara Kabag Ops Polres Singkawang, Kompol Florentus Situngkir memimpin apel pengecekan personel Bawah Kendali Operasi (BKO) dalam rangka mendukung pengamanan Festival Cap Go Meh di wilayah hukum Polres Singkawang, Kamis (1/3) sore kemarin.

Pengecekan personel yang dilaksanakan dari pukul 17.00? di halaman Polres Singkawang itu berjumlah 110 orang dengan 60 personel dari Dit Sabhara Polda Kalbar dibawah pimpinan Wadir Sabhara AKBP Hotma Victor Sihombing, sedangkan dari Polres Bengkayang berjumlah 50 personel dibawah pimpinan Kasat Sabhara Polres Bengkayang AKP Rully Rusli.

Dalam arahannya, Kompol Florentus Situngkir menyampaikan agar dalam pelaksanaan nantinya seluruh personel harus selalu berpedoman dan memegang teguh terhadap perintah dari Perwira Pengendali.

"Jaga selalu kekompakan dan kedisplinan serta selalu patuhi arahan perintah Perwira Pengendali serta selalu berkoordinasi dengan perwira pengendali yang ada dilokasi pengamanan nantinya," pesannya.

Disamping itu, dia juga berharap agar personil yang melaksanakan BKO dapat membantu tugas polisi setempat dan pengamanan dalam rangka mendukung pengamanan festival Cap Go Meh di wilayah hukum Polres Singkawang dapat berjalan dengan aman tanpa kendala.



 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018