Sanggau (Antaranews Kalbar)- - Menjelang berakhirnya, program Satgas TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204 Sanggau TA 2018 di Kecamatan Noyan ini, warga Desa Sungai Dangin, Kecamatan Noyan dan personel TNI melaksanakan kerja bakti membersihkan lapangan sepak bola setempat, yang sedianya dijadikan tempat upacara penutupan kegiatan tersebut, pada Senin.
    Pembersihan lapangan ini, dipimpin oleh Bintara Tinggi Operasi (Bati Ops) Kodim 1204 Sanggau Serka Ketut P. 
    Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Herry Purwanto melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kapten Inf Eko Prasetyo didampingi Perwira Seksi Intel (Pasi Intel) Kapten Inf Andri serta Dan Unit Intel Peltu Matheri mengatakan, menjelang penutupan TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204 Sanggau TA 2018 yang di gelar pada Kamis (3/5), dilaksanakan pembagian sektor tugas.
    Diantaranya personil Satgas TMMD mempersiapkan pemasangan spanduk acara penutupan, pembersihan sampah-sampah di lapangan, dan lokasi sekitar kanan kiri jalan lintas masuk lapangan. Kemudian, pemasangan berbagai tenda untuk kegiatan acara penutupan TMMD.
    "Jadi, ini menjelang upacara penutupan TMMD. Nah, anggota bersama masyarakat telah melaksanakan kerja bakti untuk pembersihan dan persiapan lokasi upacara nantinya. Ini merupakan kemanunggalan TNI dengan masyarakat, bahkan hingga pekerjaan kecil dilaksanakan bersama-sama," ungkap dia.
    Sementara, Bintara Tinggi Operasi (Bati Ops) Kodim 1204 Sanggau Serka Ketut P menambahkan, ada setengah kekuatan personel TMMD dalam pembersihan lokasi untuk upacara tersebut mengerahkan separuh kekuatan.
    "Kami terjunkan langsung di lapangan, guna pembenahan dan pembersihan lapangan sekitarnya," ujar Ketut. Ketut berharap dalam pelaksanaan upacara penutupan nantinya tidak ada kendala serta dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
    Menyempatkan bermain bola
    Terlepas dari itu, keberadaan personel Satgas TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204 Sanggau ini, tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa saja.
    Namun juga hingga ke anak-anak yang berada di Desa Sungai Dangin.
Menurut Soalnya, prajurit TNI ini sering bercengkrama dan bermain bersama dengan anak-anak sekitar lokasi pekerjaan fisik. 
    Seperti halnya tiap sore sejumlah anak-anak dan personel TNI ini sempat terlibat bermain sepak bola. Walaupun hanya dengan bermodalkan bola dan sepasang sepatu sebagai penanda gawang. Namun, tidak mengurangi semangat mereka bermain bola.
    Terlihat wajah-wajah ceria seiring tim dadakan yang saling berebut bola dan berupaya mencetak gol ke dalam gawang. 
    "Anggota Satgas memanfaatkan waktu longgar untuk berolah raga maupun berinteraksi dengan warga sekitar. Hal tersebut sangatlah positif yang berarti keberadaan kita diterima ditengah-tengah masyarakat. Nah, begitu juga sebaliknya sudah berkomitmen, agar keberadaan kita ditengah masyarakat harus dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat," ujar Eko Prasetyo Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kodim 1204 Sanggau, Senin.
    Sementara, disela-sela pelaksanaan TMMD ini, personel TNI juga melaksanakan pembersihan badan di sungai bersama masyarakat setempat.
    Tak ubahnya saat prajurit TNI saat mengerjakan sasaran fisik program TMMD Regtas ke -101 Kodim 1204 Sanggau TA 2018 seperti peningkatan jalan sepanjang 29,2 Kilometer (Km), pembuatan jembatan dan pembangunan gorong-gorong.
    Selain dari itu, personel Satgas TMMD Regtas ke -101 Kodim 1204 Sanggau TA  2018  di Kecamatan Noyan ini, bersama masyarakat beramai-ramai menuju sungai yang ada di desa tersebut untuk membersihkan diri dan mandi.
    Menurut Herman salah seorang warga Desa Sungai Dangin mengatakan dalam kehidupan sehari - harinya warga setempat menggunakan sungai sebagai tempat untuk membersihkan badan dan mandi.
    "Semenjak ada TMMD ini, Om-om TNI ikut mandi di sungai tersebut. Saya selaku warga sangat senang terhadap Om-om yang mau ikut mandi di sungai. Sehingga suasana kebersamaan dan kekeluargaan sangat terasa disaat berjalan menuju sungai," ungkap dia.

 

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018