Pontianak (Antaranews Kalbar) - PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat menanam 1.000 pohon di Kota Pontianak dan Kabupaten Landak bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni.

Kegiatan ini terutama untuk mencegah efek rumah kaca dan mengurangi dampak pemanasan global, ujar General Manager PLN UIP Kalbagbar, Rachmad Lubis di Pontianak, Selasa.

Ia menyebutkan di Pontianak ditanam 50 batang di Hutan Kota Arboretum Sylva Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak.

"Sebanyak 950 pohon ditanam di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KDTK) yang dikelola oleh Untan Pontianak di Kabupaten Landak," papar dia.

Lubis menyebutkan penanman pohon oleh 32 unit PLN di seluruh Indonesia mencapai 32 ribu pohon.

"Kami berharap program selain berdampak positif padai kelestarian lingkungan, juga berkontribusi sebagai sarana edukasi bagi civitas akademika khususnya Untan dalam mengembangkan kegiatan penelitian terutama di bidang kehutanan," katanya.

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten II Provinsi Kalbar, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup Kalbar dan Dekan Fakultas Kehutanan Untan.

"Kami sangat senang dengan kegiatan ini, yang bukan hanya dalam bentuk upacara atau kegiatan seremonial saja, namun terdapat aksi nyata yaitu dengan melakukan penanaman pohon sebanyak 1.000 pohon,: kata Kepala Dinas Perkim LH, Kalbar, Adi Yani.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kehutanan Untan Pontianak, Gusti Hardiansyah mengucapkan terima kasih kepada PLN yang bekerja sama dengan Untan.

"Kami bersyukur PLN membantu mengembangkan hutan pendidikan dan penelitian milik kampus terbesar di Kalbar ini , mau menjaga hutan dan lingkungan, " kata diam

Total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 32.000 pohon tersebut sebesar Rp 4,64 miliar termasuk untuk pemerliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik.






 

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018