Pontianak (Antaranews Kalbar) - Polresta Pontianak melakukan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD) untuk mensukseskan dan mengamankan jalannya perhelatan pesta Olahraga Asia (Asian Games) ke-18, kata Kasat Reskrim Polresta Pontianak, Kompol Muhammad Husni.

"Antisipasi ini bertujuan selain untuk tetap memelihara situasi keamanan dan turut serta mensukseskan jalannya Asian Games yang akan di selenggarakan di Jakarta dan Palembang. Di mana kita sama-sama ketahui Asian Games ke-18 ini Indonesia dipercaya, sebagai tuan rumah," kata Muhammad Husni di Pontianak, Selasa.

 Dia mengatakan, dalam kegiatan KKYD oleh perintah Kapolresta Pontianak, beberapa fungsi yang ada di jajaran Polresta Pontianak untuk lebih meningkatkan semua kegiatan menyangkut menjaga Kamtibmas di seluruh wilayah hukum Polresta Pontianak.

"Kami dari Satreskrim diperintahkan Kapolresta Pontianak untuk melakukan peningkatan-peningkatan giat penyelidikan terhadap setiap kegiatan tindak kriminal termasuk kejahatan jalanan dan teroris. Walaupun hingga saat ini angka kejahatan jalanan di wilayah hukum Polresta Pontianak turun tapi kami tetap lebih meningkatkan lagi KKYD," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya dengan rutin melakukan patroli premanisme serta melakukan pengungkapan kasus-kasus curas, curat dan curanmor atau bisa di sebut 4C.

 "Dari data-data terakhir dalam satu bulan terakhir sejak adanya KKYD dan pengamanan Pilkada angka kejahatan 4C itu terjadi penurunan yang sangat drastis. Namun ke depan hal itu akan tetap kami tingkatkan dan melakukan koordinasi bersama fungsi-fungsi lain," katanya.

 Ia menambahkan, terkait penanganan teroris saat ini untuk Satgas anti teroris memang sudah ada di Polda Kalbar. Namun di tingkat wilayah seperti di wilayah hukum Polresta Pontianak juga tetap melakukan dukungan guna antisipasi masuknya kegiatan teroris di wilayah hukum Polresta Pontianak.

"Kami di wilayah Polresta Pontianak, juga melakukan kegiatan penyelidikan dan pendalaman yang sangat intensif terkait jaringan-jaringan teroris. Apabila memang terindikasi ada masuknya jaringan teroris maka kami akan melakukan koordinasi dengan Densus 88, dan hingga saat ini Kota Pontianak masih dalam keadaan kondusif," katanya.

 

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018