Pontianak (Antaranews Kalbar) - Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Wilayah Kalbar, Parulian Noviandri mengatakan saat ini PLN memiliki daya surplus sehingga terus menyasar pelanggan premium yang ada di daerah itu.

"Hari ini kita nyalakan workshop PT. Delta Oriental Kapuas di Desa Wajok Hulu KM 5, Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah dengan layanan premium silver daya 1.110 kVA. Ini merupakan penyalaan listrik pelanggan premium ketujuh di Provinsi Kalbar," ujarnya di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan kondisi sistem kelistrikan yang surplus semakin membuat pihaknya bersemangat untuk melayani pelanggan. Tuntutan atas kebutuhan dan kehandalan listrik adalah keinginan semua pelanggan, dengan layanan premium, PLN berharap tenaga listrik mampu mendukung kegiatan ekonomi.

"Kondisi ini mendukung kami memberikan pelayanan premium kepada para penggiat usaha untuk membangun perekonomian di Kalbar," katanya.

Dikatakan dia keandalan jaringan dan konsultasi kelistrikan gratis adalah contoh dari beberapa pelayanan khusus yang ditawarkan oleh PLN kepada pelanggan yang menggunakan produk layanan premium. Hal itu dirasakan oleh Multazam selaku Direktur PT DOK, ia mengatakan merasakan pelayanan cepat dari PLN.

Saat ini kami merasakan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan dari PLN, seperti tambah daya di workshop kami ini. Beberapa hari saja peralatan seperti kubikel untuk backup daya sudah terpasang, jadi tidak khawatir jika listrik padam karena sudah di backup supplai listriknya oleh PLN," kata Multazam.

Pihaknya yang bergerak pada bisnis perbaikan dan perawatan kapal, PT Delta Oriental Kapuas sebelumnya harus menggunakan genset yang mengkonsumsi bahan bakar hingga 40 ton dalam sebulan.

"Sebelum melakukan tambah daya, sebagian proses pekerjaan seperti pengelasan di PT DOK menggunakan genset sebagai sumber listriknya. Dalam sebulan genset kami mengonsumsi bahan bakar hingga 40 ton. Ketika sekarang sudah menggunakan layanan premium PLN, biaya produksi yang kami keluarkan jauh lebih murah,? Tambah Multazam.

Sementara itu, Manajer Area PLN Area Pontianak, ?Ari Prasetyo Nugroho menjelaskan fasilitas yang didapatkan PT DOK sebagai pelanggan premium secara teknis memasang 2 kubikel incoming dan 1 kubikel outgoing yang dilengkapi alat yang bernama automatic change over switch atau ACOS.?

"Alat itu berfungsi sebagai switcher jika supplai listrik dari 1 penyulang padam, secara otomatis akan masuk supplai listrik dari penyulang yang lain dengan rasio mati hanya 1 s/d 2 detik. Jadi pelanggan akan merasa tenang dengan kehandalan supply PLN dan nyaman dalam menggunakan listrik PLN.? jelasnya.Budi Suyanto

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018