Jakarta (Antaranews Kalbar) - Berkolaborasi dengan AppOnboard, Google kini melengkapi aplikasi game di Play Store dengan demo, yang memungkinkan pengguna mencoba game sebelum mengunduh.

AppOnbard merupakan pengembang seluler yang telah membuat mesin game terukur yang memanfaatkan Instant Apps untuk mengirimkan demo game langsung ke Google Play Store. Demo dapat dimainkan dari dalam toko aplikasi tersebut, tanpa harus menginstal apa pun.

Sebelumnya, mesin AppOnboard hanya tersedia untuk mitra dalam jaringan periklanannya, namun kini dalam kemitraan dengan Google, platform tersebut akan diintegrasikan dengan Instan Apps dan diharapkan dapat memperluas jangkauannya ke banyak pengembang game moblie lainnya.

Baca juga: Google Pisahkan Antara Google Play Store dan Google Store
Baca juga: Microsoft Perbarui Skype Untuk Android Versi 5.2

Demo game yang dapat dimainkan di dalam Play Store akan ditandai dengan tombol "Coba Sekarang" di samping tombol "Instal."

Saat ini belum ada aturan ukuran maksimum yang diizinkan untuk demo yang ditampilkan di etalase toko aplikasi milik Google itu, namun pengembang kemungkinan akan diberikan sedikit kelonggaran dalam ini, mengingat ukuran unduhan game mobile bisa mencapai 2GB.

Salah satu game yang telah memanfaatkan teknologi AppOnboard adalah "Looney Tunes: World of Mayhem."

Dari pantauan Antara, Jumat pagi, aplikasi game ini telah tersedia di Google Play Store Indonesia dan telah memiliki fitur tersebut.

Baca juga: Permainan "Bomb Gaza" Telah Dihapus Google
Baca juga: Microsoft Perbarui Skype Untuk Android Versi 5.2

Cukup ketuk tombol "Coba Sekarang," Anda dapat memainkan sebagian kecil dari game tanpa menginstalnya pada perangkat Anda. Perlu diingat, bahwa Anda tetap harus menggunakan data jaringan untuk melakukan hal ini.

Saat ini, belum banyak judul game yang memiliki demo langsung di Play Store, namun dengan dukungan Google pada AppOnboard, diharapkan akan lebih banyak demo yang terpampang di toko aplikasi Google tersebut dalam beberapa bulan ke depan.

Fitur ini tidak hanya akan membantu menyelematkan ruang di ponsel dari aplikasi yang terinstal, tetapi juga dapat digunakan oleh pengembang untuk menawarkan game dengan memberikan pandangan awal, seperti halnya "Looney Tunes: World of Mayhem," demikian Phone Arena.

Pewarta: Arindra Meodia

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018