Pontianak (Antaranews Kalbar) - Pelaku usaha kreatif bidang mode asal Pontianak, Muhammad Syafril berhasil meraih penghargaan tingkat nasional seabagi pelapak inspiratif dari toko online, Bukalapak.

Penghargaan yang ada yang diraih Om Pink, sapaan akrab dari Muhammad Syafril tidak terlepas dari kejelian melihat pasar dan peluang serta kerja kerasnya untuk menghadirkan produk kreatif mode budaya lokal Kalbar.

"Selama ini saya mengangkat kearifan lokal kita untuk lebih dikenal di masyarakat kita sendiri, nasional dan bakan ke manca negara dengan merek produk Ompink Collections yang saya buat. Dengan hal itu juga saya bersyukur baru - baru ini bisa menerima penghargaan dan dinobatkan oleh Bukalapak sebagai pahlawan ekonomi baru Indonesia terutama sebagai pelapak inspiratif," ujarnya di Pontianak, Minggu.

Ia menceritakan bahwa? ia memulai bisnis baju bermotif khas Kalbar sejak 2007 silam. Namun saat bertemu dengan Bukalapak pada tahun 2016 lalu usahanya semakin dikenal dan melenjit.

Om Pink kini semakin dikenal dengan produk tanjak, topi melayu hingga baju? dan celana dengan corak insang khas Pontianak. Harga yang dia jual juga berkualitas dan kompetitif sehingga diminati dari berbagai kalangan.

"Melalui Bukalapak, pasar saya semakin luas dan dapat dimiliki orang luar Kalbar. Saat ini online melalui toko dan pameran terus jalan. Kembali saya sangat bersyukur produk saya mendapat apresiasi dari masyarakat," jelas dia.

Ke depan ia terus memaksimalkan potensi dan kekayaan budaya di Kalbar. Menurutnya Kalbar akan budaya yang harus digali oleh putra daerah untuk dipromosikan dan dikenalkans secara luas. Apalagi saat ini untuk pemasaran atau promisi sangat mudah dengan memanfaatkan kemajuan dan teknologi kian mudah dan lancar.

"Saya berharap juga pelaku UMKM dari Kalbar yang lebih kreatif dan aktif dalam berkarya. Sehingga nama dan karya nanti bisa berperan dikancah nasional maupun internasional," katanya.

Ia menambahkan bahwa? siapapun bisa berbuat dan bahkan lebih memiliki lebih darinya untuk mengenalkan kebudayaa Kalbar. Semangat dan kebersamaan menurutnya perlu dilakukan untuk saling mendukung melalui jejaringan yang ada.

"Mari kita memajukan kekayaan budaya yang ada. Mari kita berkarya dan bersama memajukan Kalbar dengan peran dan kapasitas masing - masing," ajak dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018