Kubu Raya (Antaranews Kalbar) -Panglima Kodam XII Tanjung Pura, Mayor Jenderal TNI, Achmad Supriadi mengiginkan setiap personil di Satuan Kodam XII/Tpr memiliki karakter yang kuat sebagai prajurit pejuang, punya kompetensi tinggi, mampu menguasai kemajuan teknologi dan mampu menyelesaikan tugas apa saja serta memiliki jiwa korsa yang tinggi. 

Hal itu diungkapkannya saat mengelar acara syukuran Hari Juang Kartika ke-73 di Makodam XII/Tpr.

"Saya memaknai Hari Juang Kartika yaitu merupakan jati diri TNI AD yang merupakan tentara rakyat, pejuang dan tentara nasional Indonesia yang profesional. Maka sesuai tema, kami sebagai tentara yang merakyat dan mengabdi untuk kepentingan rakyat," kata Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Achmad Supriadi di Kodam XII/Tpr, Sabtu.

Ia mengatakan, momen peringatan itu juga bisa memperteguh jiwa korsa bagi segenap prajurit TNI AD khususnya di Kodam XII/Tpr. Sebab jiwa korsa yang terus dipupuk pada setiap prajurit maka akan memberikan kekuatan prajurit TNI AD dalam setiap menjalankan tugas-tugasnya.

"Sejak kami menjadi prajurit, jiwa korsa ini sudah ada dan menjadi ciri-ciri seorang prajurit TNI. Jiwa korsa yang positif itu dikalangan kami merupakan kekuatan yang maha dahsyat. Dan ini yang harus bisa dimaknai oleh masyarakat luas di luar TNI. Bahkan bila perlu misalnya ada yang menciderai TNI maka bila perlu TNI yang sudah mati pun kalau bisa bangkit lagi itu," katanya.

Dikatakannya lagi, pada peringatan Hari Juang Kartika ke-73, Kodam XII/Tpr telah melakukan berbagai kegiatan. Adapun kegiatan itu merupakan kegiatan karya bakti pembukaan jalan ke Desa Bagan Asam dan jalan ke Desa Kuningan serta bakti sosial seperti pengobatan dan khitanan masal gratis, pembagian sembako dan alat-alat sekolah, pentas hiburan warga perbatasan dan even maraton 10 km.

"Hari ini pun kami mengelar acara syukuran dengan melibatkan TNI AL, AU dan personil Brimob Polda Kalbar. Yang sekaligus bersama-sama menyantap 150 nasi tumpeng yang kami gelar di halaman Kodam XII/Tpr," katanya.

Ia menambahkan, santap bersama nasi tumpeng itu diharapkan dapat tetap memupuk kebersamaan serta kesatuan dan persatuan baik antar sesama prajurit Kodam XII/Tpr,  maupun TNI AD dengan TNI AL, AU dan Kepolisian di Kalbar.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018