Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Wali Kota Singkawang, Kalbar, Tjhai Chui Mie mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan realisasi bandara dan terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) yang mulai dibangun di kota itu.

"Untuk itu, saya minta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bekerja sesuai visi misi Singkawang Hebat. Hal itu saya tegaskan, lantaran visi misi sudah diprogramkan secara baik dan tertulis, bahkan pada saat kampanye pun sudah saya sampaikan kepada masyarakat Kota Singkawang," kata Tjhai Chui Mie di Singkawang, Kamis.

Dia meminta masing-masing Kepala (pimpinan) OPD, diharapkan bisa melakukan evaluasi dari tahun kemarin ke tahun ini, dengan acuan kerjanya harus sesuai dengan visi misi Pemerintah Kota Singkawang yang sekarang.

Tjhai Chui Mie menambahkan, beberapa program yang akan menjadi prioritasnya di tahun ini adalah pembangunan bandara di Kelurahan Pangmilang dan Terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) yang terletak di samping Kantor Dishub belakang Terminal Induk Singkawang.

Selain itu juga, katanya, normalisasi sungai, infrastruktur jalan yang rusak, pendidikan dan kesehatan akan menjadi prioritas pihaknya di tahun ini.

Dimana pada program pendidikan, jelasnya, gedung-gedung sekolah yang sudah rusak akan pihaknya perbaiki. Begitu pula dengan perlengkapan sarana dan prasarana seperti meja dan kursi.

"Apalagi Singkawang sudah mendapatkan penghargaan Ki Hajar, sehingga itu akan menjadi motivasi kami untuk melakukan peningkatan mutu pendidikan," ujarnya.

Meskipun Kota Singkawang terbilang kecil, tapi mutu pendidikan harus bisa bersaing dengan daerah lainnya.

Begitu pula dengan kesehatan, karena ada beberapa hal yang menjadi perhatian Pemkot Singkawang, terutama sejak diberlakukannya sistem rujukan Online oleh BPJS Kesehatan.

Dari penerapan sistem itu, sehingga pemasukan RSUD Abdul Aziz Singkawang dari pasien BPJS semakin menurun.

"Kalau dari segi pelayanan, saya rasa sudah cukup baik di Puskesmas maupun RSUD. Tapi kalau untuk tenaga dokter spesialis, mungkin masih perlu penambahan khususnya di RSUD Abdul Aziz Singkawang," jelasnya. 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019