Pontianak (Antaranews Kalbar) - Italia identik dengan pasta panggangnya yaitu Lasagna. Campuran antara daging, sayuran dan ayam yang dibungkus dengan adonan tepung terigu memang pilihan menu makanan yang paling tepat di hari libur. 

Selain cara memasaknya yang relatif mudah, bahan yang diperlukan juga tidak sulit untuk ditemukan di supermarket, berikut adalah bahan-bahan yang perlu anda siapkan:

Lasagna instan 250 gram, kemudian bahan saus daging terdiri dari pasta tomat 170 gram, oregano bubuk 1 sdt, merica bubuk ½ sdt, kaldu ayam 1 sdt, garam 1 sdt, gula pasir 2 sdm, minyak goreng 3 sdm, air 300 ml, daging giling segar 500 gram, wortel besar 1 buah dipotong kasar, bawang bombay sedang 1 buah diiris kasar, bawang putih 1 siung diiris halus, tomat besar 5 buah diiris kasar lalu ambil dagingnya

Kemudian untuk bahan saus keju, diantaranya susu cair 1 liter, merica bubuk ½ sdt, pala bubuk ½ sdt, garam ½ sdt, keju cheddar 250 gram diparut lembut, mentega 3 sdm, tepung terigu 3 sdm

Untuk cara membuat, yakni tumis irisan bawang bombay, bawamg putih dan wortel hingga harum, kemudian masukkan daging giling, kemudian aduk dan masak hingga terlihat perubahan warna pada daging. 

Setelah itu, masukan pasta tomat, tomat cincang, saus tomat kemudian aduk sampai rata. Taburkan masakan dengan garam, gula pasir, merica bubuk, oregano bubuk serta basil bubuk. 

Tambahkan sedikit air dan masak dengan api yang kecil selama 20 menit, setelah itu angkat dan sisihkan.

Untuk membuat saus keju, panaskan penggorengan yang telah dimasukkan mentega dengan api sedang hingga cair kemudian tambahkan tepung terigu lalu aduk rata. 

Tambahkan sedikit-sedikit susu cair, taburkan kembali dengan garam, merica bubuk dan pala secukupnya, kemudian tambahkan keju parut dan masak hingga kental. 

Oleskan saus daging pada Lasagna pertama dan siram lagi dengan saus keju. Taruh lagi Lasagna kedua di atas siraman saus keju siram tadi dan ulangi langkah ini hingga Lasagna habis, lalu taburkan keju mozarela diatasnya

Terakhir masukkan Lasagna kedalam oven dengan suhu 180 derajat selsius selama setengah jam. And voila! Lasagna is ready to serve!

Meskipun pembuatan Lasagna memang relatif mudah namun masih ada yang merasa kesuliatan untuk mengikuti step by step yang sudah dijelaskan. Anda bisa mencari tutorial pembuatan Lasagna di Youtube untuk menghindari kesalahan saat proses memasak. Namun agar proses memasak sambil melihat tutorial di Youtube dapat berjalan dengan lancar pastikan internet anda lancar dengan tanpa adanya gangguan buffering. Gunakan Indihome untuk akses internet yang cepat tanpa buffering agar kegiatan memasak anda dapat terlaksana dengan lancar, sehingga anda dapat bereksperimen dengan masakan lain di setiap minggunya.


 

Pewarta: rilis

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019