Pontianak (Antaranews Kalbar) - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalbar terus melakukan sejumlah upaya dalam menekan kecelakaan kerja. Tidak hanya untuk karyawannya sendiri melainkan juga ke mitra.
    Satu di antaranya dengan melaksanakan pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Kampus Layanan Teknik (Yantek) Pontianak.
    "Kami berusaha untuk terus menekan angka kejadian kecelakaan kerja yang disebabkan oleh kelalaian pekerja serta lemahnya pengawasan terhadap aktifitas kerja, terutama jenis-jenis pekerjaan teknik. Untuk itu penting bagi kami menggelar pelatihan K3 yang baru - baru ini kami gelar," ujar Pejabat Pengendalian K3L PLN UIW Kalbar, Danny Pasaribu di Pontianak, Kamis.
    Ia menyebutkan bahwa tingginya potensi kecelakaan kerja  terdadapat di jaringan distribusi 20 kV. Dengan hal itu, maka pekerja teknik terus diperkuat kapasitasnya.
    "Kembali, penting bagi kami meningkatkan kompetensi serta pemahaman petugas layanan teknik terhadap K3," jelas dia.
    Saat ini menurutnya PLN  sudah memiliki Kampus Yantek UIW Kalbar. Adanya Kampus Yantek untuk ikut berpartisipasi menekan angka kecelakaan kerja di Kalbar.
    Di Kalbar ini baru ada 1 Akademi Yantek yang dibangun, yakni di Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Pontianak, tepatnya di ULP Siantan," jelas dia.
    Dikatakannya pula, tenaga instruktur dalam pelatihan sepenuhnya dari internal PLN dengan materi silabus dari PLN Pusdiklat.
    "Target kami seluruh anggota Yantek dapat mengikuti pelatihan terutama yang bertugas di operasi pelayanan gangguan dan peliharaan jaringan yang dilakukan secara bertahap. Materi yang disampaikan pun lebih dititikberatkan pada masalah K3. Kami berharap seluruh petugas Yantek dapat bekerja dengan benar, patuh terhadap SOP, dan mengutamakan keselamatan kerja.  Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja, mulai dari persiapan, proses eksekusi pekerjaan, harus selamat hingga pulang ke rumah masing-masing," sebut dia.
    Sementara itu, Senior Manajer Distribusi, M. Darwing menjelaskan bahwa Yantek merupakan program pelayanan PLN kepada pelanggan khususnya di bidang ke teknisan seperti penanganan gangguan yang menyebabakan padamnya listrik, dan pemeliharaan jaringan listrik untuk meningkatkan kehandalan.
    "Dalam evaluasi pelaksanaan Yantek ini pelaksanaannya dijalankan oleh mitra PLN. Dalam hal itu PLN memandang perlu diadakan suatu wadah yang dapat membentuk, menambah wawasan serta keterampilan petugas Yantek dalam menjalankan tugas sebagai pelayan untuk melayani pelanggan PLN seperti Kampus Yantek yang beru diresmikan " kata dia.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019