Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meminta para pejabat di lingkungan Pemkot Pontianak agar rajin turun ke lapangan guna melihat secara langsung kondisi yang terjadi di lingkungan masyarakat.

"Saya minta kepada para aparatur sipil negara  agar rutin turun ke lapangan, sehingga bisa dengan mudah mengetahui apa saja permasalahan yang dialami oleh masyarakat," kata Edi Rusdi Kamtono saat melantik  97 pejabat struktural di lingkungan Pemkot Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan, apabila hal tersebut tidak dilakukan oleh para pejabat, maka akan sulit bagi mereka untuk mengidentifikasi permasalahan di lapangan.

"Lakukan peninjauan, yang diperlukan harus tanggap, harus peka dan peduli apapun yang terjadi di lapangan," ujar Edi.

Sebanyak 97 pejabat struktural di lingkungan Pemkot Pontianak dilantik tersebut terdiri dari pejabat eselon III sebanyak 35 orang, dan eselon IV 62 orang.

Edi berharap pelantikan ini akan memberikan motivasi dan semangat baru bagi para pejabat yang baru dilantik ini, dan diharapkan mampu meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, yakni yang melayani dan bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Wali Kota Pontianak juga berpesan, kepada para aparatur tidak hanya sekadar menjalankan tugas pokok dan fungsi yang diemban, tetapi juga harus melihat semua permasalahan yang terjadi di Kota Pontianak karena semua itu menjadi tanggung jawab bersama.

"Misalnya, Dinas Pertanian, melihat lubang besar di jalan, dia harus koordinasikan atau laporkan ke Dinas Pekerjaan Umum (PU), begitu pula sebaliknya," katanya.

Hal tersebut dinilainya sebagai bentuk kebersamaan yang harus dibangun, sebab warga masyarakat tidak peduli, apakah itu menjadi kewenangan Dinas PU atau dinas terkait lainnya. "Para pejabat atau aparatur juga harus diberikan pandangan supaya terus melakukan inovasi-inovasi dengan memanfaatkan IT dalam rangka percepatan pelayanan," katanya.
 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019