Kapolda Kalimantan Barat, Irjen (Pol) Didi Haryono menyatakan, Polres Kubu Raya akan menempati gedung sementara, yakni eks Gedung Pramuka sebagai Mapolres Kubu Raya pada akhir tahun 2019, .

"Insya Allah, tahun 2019 ini sudah diusulkan anggarannya dan mudah-mudahan tahun 2020 mendatang sudah turun dari APBN untuk pembangunan Mapolres Kubu Raya," kata Didi Haryono di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan, pihaknya juga sudah melakukan penyusunan persiapan personel untuk Polres Kubu Raya.

"Mendesaknya pembangunan Polres Kubu Raya, karena wilayahnya yang cukup luas. Untuk Polresta Pontianak saja, mencakup lima kecamatan di Kabupaten Kubu Raya, dan Polres Mempawah mencakup enam kecamatan di Kabupaten Kubu Raya tersebut," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar menambahkan, sepanjang tahun 2019, tercatat ada sebanyak 45 pembangunan yang dilaksanakan, baik oleh Polda Kalbar maupun jajaran Polres jajaran, salah satunya pembangunan Gedung Birorena di belakang gedung utama Polda Kalbar.

"Pendanaan pembangunan tersebut mulai dari dana APBN, APBD dan juga bantuan CSR. Semuanya adalah untuk kepentingan anggota polisi, agar dapat melaksanakan tugas-tugas untuk masyarakat bangsa dan negara," katanya.

Total biaya pembangunan baik di lingkungan Mapolda Kalbar maupun di jajaran Polres sebesar Rp65 miliar lebih, dari total aset Polda Kalbar Rp6 triliun lebih ditambah aset tanah Rp3 triliun lebih, katanya.

Ia juga menambahkan, pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) di Singkawang adalah bantuan dari APBD Pemprov Kalbar, APBD Kota Singkawang dan juga bantuan dari APBD kabupaten lainnya.

"Bantuan untuk pembangunan SPN tersebut, adalah untuk pemuda-pemudi Kalbar, yang akan menjadi polisi," kata Didi.
 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019