Komandan Kodim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono menggelar kegiatan pembinaan peta jarak jaring teritorial yang digelar di Markas Kodim Jalan Tambun Bungai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, agar masyarakat mampu melakukan pencegahan dini dalam segala hal atau bidang.

"Kegiatan itu diikuti instansi terkait serta tokoh masyarakat Kabupaten Kapuas, untuk menjalin keakraban dengan mitra karib dan masyarakat di wilayahnya," kata Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe di Pontianak, Rabu.

Sementara itu, Komandan Kodim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono yang diwakili oleh Pabung Pulpis Mayor Inf Mulyadi menjelaskan, kegiatan ini bertujuan agar terbentuk dan terbinanya mitra karib jaring teritorial supaya mampu mendeteksi secara dini, cegah dini, temu cepat, dan lapor cepat terhadap permasalahan yang mungkin terjadi.

"Masyarakat kami harapkan mampu memecahkan masalah, memiliki kemampuan mengayomi, kemampuan berkomunikasi, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, serta senantiasa menjadi panutan dan suri tauladan," katanya.

Ia mengatakan, terkait hal itu TNI selalu bekerja sama dengan komponen masyarakat dan instansi terkait. Dengan menggalang mitra karib dapat mewujudkan stabilitas keamanan di wilayah Kabupaten Kapuas.

"Kami juga berharap masyarakat lebih peka terhadap lingkungan dan semakin solid dengan mempererat silaturahim dalam menjaga keutuhan NKRI," katanya.

Ia menambahkan, fungsi dari dilaksanakannya pembinaan peta jarak jaring teritorial ini untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang aman tenteram serta dinamis. Hal ini juga sekaligus merupakan fungsi untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Terjaminnya rasa aman ini akan mampu memotivasi masyarakat untuk lebih giat dalam upaya pembangunan di segala bidang," katanya.

Sementara itu, Lurah Selat Selat Utara Hardie mengatakan kegiatan seperti ini sangat penting. Ia sangat mendukung karena perlunya informasi dari semua pihak untuk mengantisipasi hal-hal negatif di masyarakat terutama yang terjadi seperti sekarang yaitu hoaks.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019