Rainforest World Music Festival di Sarawak yang ikonik telah melahirkan cara baru untuk berpikir tentang musik dari budaya lain dan tentu saja tidak melupakan musik daerah setempat.

Musik dunia, mengingat fitur-fiturnya yang unik, selama bertahun-tahun, mempromosikan komunikasi antar budaya antara berbagai komunitas di dalam dan di luar Kalimantan sehingga RWMF adalah kesempatan yang luar biasa untuk mendengarkan suara dari seluruh penjuru dunia dan belajar tentang alat musik yang berbeda dan unik.

Misalnya San Salvador, musisi dari Correze di barat daya Prancis yang merupakan bagian dari provinsi Limousin. Band beranggotakan 6 orang ini menggabungkan puisi Occitan dengan harmoni vokal yang menghipnotis dan didukung oleh perkusi.

Occitan adalah bahasa Roman yang digunakan di Prancis selatan, Lembah Occitan di Italia dan di beberapa bagian Spanyol dan Monaco. Musik mereka berakar pada tradisi Abad Pertengahan di kawasan itu secara lokal dan menjangkau jauh ke dalam tradisi rakyat di kawasan itu.

Perkusi kolektif mereka dengan dua tom-tom, satu rebana diselingi tepukan ritmis, memancarkan energi dengan orkestrasi yang terampil dan canggih.

Dilatih oleh Gabriel Durif yang memimpin vokal dan tamborin, anggota band termasuk Eva Durif pada vokal, Thibault Chaumeil dan Marion Lherbeil pada vokal dan bas, Laure Nonique Desvergnes pada vokal dan Sylvestre Nonique Desvergnes pada vokal dan drum.

Tidak pernah ada momen yang membosankan karena musik mereka penuh dengan cahaya dan keteduhan. Pengunjung festival akan tergoda oleh bisikan mereka, alkimia halus dari harmoni vokal yang manis dan akan tersapu oleh kekuatan ritmis mereka. Fakta bahwa seseorang tidak memahami bahasa Occitan adalah tidak penting karena ekspresi dan kegembiraan dari para "pengacau" Occitan zaman modern ini mengesampingkan segalanya.

Rainforest World Music Festival berlangsung dari 12-14 Juli di Desa Budaya Sarawak dan dikelola oleh Badan Pariwisata Sarawak, didukung oleh Tourism Malaysia dan didukung oleh Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya, Pemuda & Olahraga Sarawak.
 
Untuk informasi lebih lanjut tentang tiket, kegiatan festival, dan logistik, silakan masuk ke https://rwmf.net/

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019