PLN UP3 Ketapang menyiagakan sebanyak 39 petugas khusus untuk menjaga pasokan listrik aman dalam rangka mendukung pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat lX.

“Selama perhelatan Pasparawi yang berlangsung di Ketapang sejak awal bulan hingga 7 Juli 2019, petugas di tempat diseluruh titik-titik lokasi tempat berlangsungnya kegiatan. Mereka siaga dan bertugas secara bergantian dengan sistem lokasi kegiatan, mulai pukul 09.00 WIB - 23.00 WIB," ujar, Manajer PLN UP3 Ketapang, Wilfrid Siregar saat di Ketapang, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa untuk mengantisipasi gangguan listrik secara mendadak dan pasokan aman pihaknya mengakui telah memasang alat yang disebut Automatic Change Over Switch (ACOS) pada setiap genset yang disiagakan.


Baca juga: PLN Ketapang siap sukseskan Pesparawi IX


"Alat yang kita sebut ACOS ini berfungsi untuk mensuplai listrik secara otomatis dari genset jika sewaktu-waktu terjadi padam dari sumber utama, tentunya tanpa terjadi kedipan. Dengan terpasangnya alat tersebut di setiap genset yang kita siaga kan maka panitia penyelenggara dan para peserta bisa lebih tenang dalam mengikuti lomba tanpa merasa khawatir akan terjadinya kendala non teknis," ujar Wilfrid.

Untuk mengamankan pasokan listrik khususnya di lokasi-lokasi kegiatan, pihaknya telah menyiapkan cadangan genset berkapasitas 50 kW sebanyak 2 unit, 30 kW sebanyak 2 unit, dan 10 kW sebanyak 1 unit yang nantinya akan ditempatkan di semua lokasi kegiatan, termasuk mensiaga kan 39 petugas guna mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi gangguan.

Sementara itu menurut Irfan (31), salah satu petugas menuturkan bahwa pemasangan ACOS sudah dilakukan dengan lancar dua hari sebelum kegiatan Pesparawi dimulai dan untuk memastikannya juga sudah dilakukan uji coba di beberapa genset yang disiagakan, semuanya berjalan dengan baik.


Baca juga: PLTU gangguan, PLN jadwalkan pemadaman bergilir di Ketapang


"Untuk memastikan kondisi pengamanan pasokan listrik selama berlangsungnya kegiatan lomba, sebelum bertugas kami harus selalu melakukan pengujian genset termasuk kondisi ACOS. Pengujian itu kami lakukan setiap pagi," katanya.

Sebelum kegiatan pihaknya juga telah mempersiapkan pengecekan kondisi instalasi listrik dititik-titik lokasi tempat berlangsungnya kegiatan, termasuk kondisi instalasi listrik tempat menginap para tamu dan peserta lomba.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019