Kementerian Belia dan Sukan Negara Malaysia melalui program Mycorps melaksanakan kegiatan sosial di Desa Semerantau, Kecamatan Kalis, Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat.

"Kerajaan Malaysia melakukan pembinaan pemuda-pemudi di beberapa negara salah satunya di Indonesia," kata Ketua Pembangunan Rakan Muda, Kementerian Belia dan Sukan, Malaysia, Abdul Aziz saat berkunjung ke Desa Semerantau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Sabtu.

Dikatakan Abdul Aziz, melalui kegiatan sosial kedua negara itu diharapkan dapat meningkatkan tali silaturahmi  di antara pemuda-pemudi dan memunculkan kegiatan positif.
Kegiatan sosial tersebut di antaranya berupa pembuatan lapangan voli dan takraw, penanaman sayur-mayur serta kegiatan olahraga, agama serta pendidikan.
 
"Kegiatan sosial itu memang program kerajaan Malaysia untuk membantu kaum pemuda dan pemudi, terima kasih sudah mau menerima pemuda dan pemudi kami dari Malaysia," ucap Abdul Aziz.
 
Disampaikan dia, program Mycorps dari Kementerian Belia dan Sukan itu dilaksanakan di empat negara yaitu di Timor-Leste, Filipina dan Laos serta untuk Indonesia lokasi kegiatan di Desa Semerantau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat dan di Labuan Bajo Pulau Komodo.
 
"Untuk kegiatan sosial itu kami laksanakan selama dua bulan dan terfokus di Desa Semarantau selama dua minggu," jelas Abdul Aziz.
 
Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir mengatakan kegiatan sosial dari pemuda dan pemudi Malaysia itu merupakan sejarah bagi Indonesia khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu.
 
Disampaikan Nasir, hubungan masyarakat di daerah perbatasan negara Indonesia - Malaysia selama ini sangat harmonis apalagi masih satu rumpun daratan.
 
"Melalui kegiatan sosial itu akan semakin meningkatkan tali silaturahmi kita yang berada di perbatasan Indonesia - Malaysia sekaligus sebagai motivasi generasi muda kita agar selalu melakukan kegiatan positif," kata Nasir.
 
Dia berharap kegiatan sosial seperti itu bisa terus dilakukan karena dinilai dapat mengandung manfaat untuk saling menambah wawasan serta menghindarkan generasi muda dari terjerumus ke hal-hal negatif.
 
Dalam kesempatan itu juga dilakukan peresmian lapangan bola voli yang dibangun melalui program Mycorps dari Kementerian Belia dan Sukan Negara Malaysia di halaman Sekolah Dasar Negeri Desa Semerantau.
 
Kemudian dilanjutkan pertandingan persahabatan antara Pemerintah Daerah Kapuas Hulu dengan Pemerintah Konsulat Malaysia untuk Pontianak.
 
Desa Semerantau terletak di lintas Sekatan, Kecamatan Kalis, Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

Untuk menuju desa tersebut bisa menggunakan jalur darat khusus roda dua dari poros jalan negara, dengan waktu perjalanan dari Putussibau ke pusat Kecamatan Kalis sekitar 30 menit, sedangkan dari Kalis menuju Desa Semerantau memakan waktu 45 menit menggunakan roda dua. Sedangkan untuk jalur sungai bisa memakan waktu satu setengah jam. 




 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019