Memperingati HUT Pertambangan dan Energi ke-74 Tahun 2019, PT Atam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Kalbar, menggelar program donor darah. Kegiatan ini bekerjasama dengan PMI Kabupaten Sanggau dengan melibatkan para karyawan, mitra kerja, masyarakat sekitar dan para pelajar SMA/ sederajat. Kegiatan ini dilaksanakan di lobi Kantor PT ANTAM Tbk UBP Bauksit Kalbar di Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau. Lebih dari seratus pendonor yang mendaftarkan diri untuk diambil darahnya untuk kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Kegiatan donor darah ini sudah sering kami lakukan tidak hanya para peringatan HUT seperti ini. Dan kali ini kami menjembatani keinginan kawan-kawan dari PT Antam Tbk dan PT ICA selaku anak perusahaan Antam, termasuk masyarakat sekitar kami yang memang biasa mendonorkan darah. Dalam hal ini kami juga bekerjasama dengan PMI Kabupaten Sanggau dan seluruh stakeholder yang ada," kata GM PT Antam Tbk UBP Bauksit Kalbar Anas Safriatna di kantornya, Selasa.

Ia mengatakan, selain masyarakat sekitar, pada tahun ini memang Antam juga ada melibatkan para pelajar SMA/sederajat. Ini dimaksudkan untuk sengaja melibatkan dan memupuk anak-anak ini agar mereka peduli akan sesama dan bisa membiasakan diri untuk saling membantu sejak usia dini.
Kegiatan donor darahnya pada peringatan HUT Pertambangan dan Energi ke-74 Tahun 2019. (Foto Slamet Atdiansyah)

"Donor darah ini kami pilih dalam kegiatan bakti sosial peringatan HUT ini. Karena banyak manfaat mendonorkan darah. Nah, kami memfasilitasi para karyawan kami dan masyarakat agar mudah mendonorkan darahnya di kegiatan ini," kata Anas.

Ia menambahkan, program ini juga merupakan program kesehatan sekaligus bukti nyata kepedulian kita semua dalam mendukung program pemerintah dalam hal ini PMI untuk menyediakan darah yang cukup di Kabupaten Sanggau.

Peserta kegiatan melibatkan pegawai Antam, mitra kerja, keluarga pegawai, kontraktor, pelajar dan masyarakat sekitar. Lebih dari 100 yang mendaftar, namun karena satu dan lain hal hingga akhir kegiatan ini, hanya 71 orang yang bisa mendonorkan darahnya.

"Kita tahu, tingginya kebutuhan darah baik itu karena penyakit mau kecelakaan, memerlukan adanya persediaan darah untuk membantu kelangsungan hidup keluarga, saudara dan sahabat kita yang membutuhkan. "Give blood give life", memberikan darah, berarti membantu meningkatkan harapan hidup mereka yang membutuhkan," ungkapnya.

Menurutnya, menyumbangkan darah tidak membuat seseorang berkurang kesehatan apalagi rugi, melainkan malah mendapat banyak manfaat.

"Di samping menolong bagi kesehatan pendonor banyak manfaatnya, antara lain kesehatan jantung, merangsang produksi sel darah merah baru, menurunkan berat badan, manfaat psikologis berupa perasaan senang, saling membantu untuk menyelamatkan nyawa orang Iain, mendeteksi penyakit, menurunkan resiko kanker, merawat kesehatan organ hati, menurunkan kolesterol dan mencegah penuaan dini," katanya

Anas berharap, dengan adanya kegiatan donor darah yang diadakan serentak dengan kementrian ESDM ini dapat bermanfaat untuk semua orang dan juga meningkatkan solidaritas untuk saling tolong menolong sesama manusia.

PT Antwm Tbk secara rutin melaksanakan program donor darah setidaknya 3-4 kali dalam setahun. Hal ini bentuk komitmen kami membantu pemerintah dalam hal mendekatkan PMI kepada masyarakat sehingga bagi kita semua dapat secara rutin melakukan donor darah.

"Hal ini juga yang diharapkan melaui HUT Pertambangan dan Energi, semakin dekatnya tambang dengan masyarakat. Karena pada dasarnya memang tambang dan masyarakat memiliki peran masing-masing yang perlu bekerjasama sehingga anugerah Tuhan berupa kekayaan sumber mineral bisa kita manfaatkan dengan baik,", pungkasnya.

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019