Pemkot Pontianak menggelar rapat koordinasi penanggulangan kedaruratan masyarakat terhadap wabah corona virus (Covid-19) di kota itu.

"Hari ini kami menggelar rakor dengan instansi terkait dalam penanggulangan dan pencegahan Covid-19 di wilayah Kota Pontianak," kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan pada rapat koordinasi itu membahas juga perundungan terhadap anak-anak kepada orang tua yang pulang dari negara Korea Selatan dan beberapa informasi berita hoaks yang menimbulkan keresahan di masyarakat.

"Dalam hal ini, kami berharap pada masyarakat agar lebih tenang, jangan mudah panik, utamakan pencegahan, menjaga kesehatan, kebersihan lingkungan dengan cara cuci tangan yang teratur dan sebagian lainnya," katanya.

Selain itu, Pemkot Pontianak, menurut dia, terus menginformasikan seluas-luasnya kepada seluruh warga Kota Pontianak untuk mengikuti informasi-informasi yang valid dan benar tentang wabah virus corona.

"Pertama sering melihat siaran-siaran pembahasan ini disetiap jam atau setiap hari, baik di media televisi, online dan cetak, sehingga mendapatkan literasi informasi yang lebih lagi," katanya.

Edi juga menginformasikan, semua pihak agar selalu berkoordinasi, karena pemantauan di jajaran Dinas Kesehatan dan rumah sakit yang langsung berhadapan dengan masyarakat yang terpapar virus atau lainnya.

"Sehingga cepat diinformasikan dan dikoordinasikan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan dan penyembuhan dalam kasus Covid-19," kata Edi.

 

Pewarta: Tim magang Andi Garsia

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020