Dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan dan ketersediaan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) selama pandemi COVID-19, Kodam XII/Tanjungpura disetiap jajaranya mengelar kegiatan donor darah. Kegiatan itu dilakukan di setiap PMI yang ada di wilayah satuan masing - masing.

"Setiap satuan jajaran Kodam XII/Tpr mengirimkan masing - masing lima sampai sepuluh personelnya untuk melakukan donor darah di PMI terdekat," kata Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, di Pontianak, Sabtu.

Pelaksanaan donor darah itu ujarnya, dilaksanakan oleh personel jajaran Kodam XII/Tpr dengan tetap memperhatikan dan berpedoman pada protokol kesehatan agar tetap menerapkan pencegahan penyebaran COVID-19.

Dia menambahkan, kegiatan donor darah itu sebagai tindak lanjut dari Surat Telegram Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), dalam membantu PMI mengatasi kekurangan persediaan darah untuk selama menghadapi pandemi COVID-19. Untuk itu Kodam XII/Tpr melalui jajaran melakukan tindaklanjut hal tersebut.

"Ini sebagai tindak lanjut dari perintah Kasad, seluruh jajaran Kodam XII/Tpr mengirimkan personel ke PMI untuk donor darah, dalam rangka membantu untuk memenuhi kebutuhan darah. Sehingga PMI dapat terbantu dalam memenuhi stok kebutuhan darah," katanya.

Menurut Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, kegiatan donor darah yang dilakukan oleh jajaran Kodam XII/Tpr merupakan wujud kepedulian TNI kepada masyarakat demi melawan wabah COVID-19 sesuai dengan instruksi Kasad.

"Kami berharap kegiatan donor darah ini bisa membantu PMI dalam mengantisipasi kekurangan darah yang sangat diperlukan masyarakat, khususnya dapat membantu dalam mengatasi kebutuhan darah bagi pasien yang terpapar virus Corona maupun pasien sakit lainnya," pungkasnya.

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020