Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan menghadirkan program pangan murah dalam rangka menyambut hari besar keagamaan terutama Idul Adha 1441 H. 

"Kegiatan yang kita beri nama Gelar Pangan Murah ini bertujuan untuk menyediakan pangan pokok masyarakat yang terjangkau terutama bagi masyarakat Kota Pontianak dan sekitar saat menyambut Idul Adha tahun ini," ujar Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar, M Munsif di Pontianak, Rabu.

Munsif menjelaskan bahwa dalam Gelar Pangan Murah pihaknya menggandeng Toko Pasar Mitra Tani yang menyediakan 11 pangan pokok.

"Bahkan sayuran segar juga ada kita sediakan di kegiatan ini. Sehingga masyarakat yang datang dapat mendapatkan pangan yang lengkap sebagaimana kebutuhan mereka," jelas dia.

Munsif menambahkan bahwa dalam Gelar Pangan Murah juga bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Kubu Raya yang menyediakan aneka jenis ikan dengan harga terjangkau.

"Ikan - ikan yang dibekukan dan kualitas baik ada di kegiatan ini dan tentu harga sangat terjangkau oleh masyarakat," kata dia.

Munsif menyebutkan secara keseluruhan komoditas pangan dalam Gelar Pangan Murah yang digelar sejak 28 -30 Juli 2020 di bawah harga pasar. Hal itu juga tentu sebagaimana tujuan Gelar Pasar Murah tersebut.

"Harga baik di Toko pasar Mitra Tani atau Toko Tani harga sangat terjangkau. Tersedia beras berkualitas medium, premium, ada cabai, gula, bawang, sayuran, daging beku, buah segar dan lainnya. Semoga hadirnya kegiatan ini terus membantu masyarakat," harap dia.

Terkait harga pangan di tengah masyarakat menurutnya saat ini mayoritas sudah menuju stabil. Ia mencontohkan untuk gula pasir saja saat ini sudah sesuai harga eceran tertinggi yakni Rp12.500 per kilogram.

"Bahkan untuk di Toko Tani kita harga gula hanya Rp12.000 per kilogram. Begitu juga komoditas pangan lainnya cenderung turun atau stabil. Kita terus memantau pergerakan harga," papar dia.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020