Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Muhammad Nur Rahmad mengingatkan agar semua pihak terus meningkatkan kewaspadaan berkaitan dengan perkembangan COVID-19, termasuk di Kalbar yang saat ini kasusnya juga mengalami peningkatan. 

"Semua pihak kami imbau agar terus meningkatkan kewaspadaannya dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19 di Kalbar," kata Muhammad Nur Rahmad di Pontianak, Rabu. 

Dia menjelaskan, keikutsertaan TNI dalam hal memutus rantai penyebaran tersebut mengacu pada Inpres Nomor 6 tahun 2020 bahwa pada prinsipnya Kogasgabpad tetap membantu pemerintah dalam rangka penegakkan protokol kesehatan. 

Dia menambahkan, selaku Pangkogasgabpad, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam kesempatan itu mengajak semua pihak tetap mewaspadai pada para penumpang dari luar, baik yang berasal dari pelabuhan laut dan bandara.

"Sehingga pada kesempatan yang baik ini diharapkan kita memperkuat gugus tugas yang ada di bandara dan pelabuhan. Akan dilakukan melalui metode sampling tes usap, dan diharapkan dengan cara ini dapat menekan penyebaran COVID-19 di Kalbar," katanya.

Sedangkan terkait rencana pembukaan sekolah atau belajar tatap muka di sekolah. Dia meminta semua pihak yang tergabung dalam Kogasgabpad untuk ikut mengawal  dalam pelaksanaannya.

"Kemudian terkait rencana dari gubernur Kalbar yang akan membuka belajar tatap muka di sekolah ini menjadi tugas kita semua untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan serta ikut mengawal anak-anak saat masuk sekolah," katanya.


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020