Hingga saat ini di beberapa titik di Kabupaten Sambas genangan air banjir masih merendam pemungkiman warga. Untuk membantu warga yang terdampak banjir disalah satu titik dengan menggunakan perahu, Personel Koramil 1208-02/Sejangkung bersama Muspika setempat terjun langsung memantau dan mengevakuasi warga RT 13 -16/RW 04, Dusun Sajingan Kecil, Desa Semanga, Kecamatan Sejangkung, Sambas yang terdampak banjir.

"Bencana alam banjir ini dikarenakan curah hujan yang tinggi yang mengakibatkan meluapnya sungai sehingga merendam pemukiman warga dan lahan pertanian," kata Danramil 1208-02/Sejangkung, Kapten Inf Aris Yuda Yana, Selasa.

Untuk itu ujarnya, personel Koramil Sejangkung yang dipimpin Serda Miswal selaku Babinsa Semanga bersama Bhabinkamtibmas dan Camat serta aparat desa setempat.
 
Koramil Sejangkung yang dipimpin Serda Miswal selaku Babinsa Semanga bersama Bhabinkamtibmas dan Camat serta aparat desa setempat saat membantu warga. (Istimewa)

"Adapun jumlah rumah yang terdampak banjir yaitu sebanyak 370 Kepala Keluarga (KK) dan sekitar 1400 jiwa. Dari ke empat RT tersebut, rata -rata ketinggian genangan air hingga saat ini mencapai 60 CM," ucapnya.

Ditambahkan Danramil, Koramil Sejangkung bersama unsur Muspika Sajingan terus berupaya membantu evakuasi warga yang terjebak banjir. Warga terdampak banjir itu dibawa ke titik-titik aman yang terdekat dengan menggunakan perahu.

"Selain mengevakuasi korban personel Koramil juga mengamankan rumah warga yang di tinggalkan pemiliknya karena banjir," katanya.

Bantuan yang diberikan itu bertujuan untuk terus dapat menjaga keamanan dan kenyamanan merupakan tanggung jawab kita bersama.

Baca juga: Sebanyak 51 desa di Sambas terendam banjir susulan
Baca juga: Camat perkirakan banjir di perbatasan karena kiriman dari negara tetangga
Baca juga: Banjir darah di Pekalongan adalah hoaks
 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021