PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP Kalbagbar) melalui program PLN Peduli membantu beberapa UMKM di Pontianak untuk meraih sertifikat halal sekaligus menyalurkan bantuan peralatan operasional dalam upaya membantu berbagai pelaku usaha tersebut untuk naik kelas.

“Sertifikasi halal sangat penting di saat ini untuk berbagai produk yang kita konsumsi. Hal itu sejalan dengan upaya pemerintah untuk mengembangkan pariwisata halal di Indonesia tidak terkecuali di Pontianak. Untuk itulah kita hadir membantu UMKM memperolehnya,” ujar Senior Manager Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Kalbagbar Hariyadi di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan bantuan yang dihadirkan PLN Peduli tersebut juga bekerja sama dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Provinsi Kalbar.

“Mari dukung usaha lokal untuk memajukan perekonomian mereka. Dengan membeli produk lokal maka masyarakat juga dapat membantu para pelaku usaha bertahan di masa pandemi ini.,” ujar Hariyadi.

Zulkarnain, pemilik Siomay dan Batagor Melvin di Purnama 2 Pontianak merupakan salah satu pengusaha yang menerima bantuan tersebut. Selain menerima sertifikat halal, ia juga memperoleh bantuan blender sebanyak 3 unit dan cooler box untuk operasional produksi.

"Bantuan dari PLN ini sangat berguna untuk mempercepat proses produksi kami. Sebelumnya kami membutuhkan waktu sebanyak 3 jam untuk mengolah 25 kilogram ikan tengiri. Sekarang kami hanya membutuhkan waktu 1 jam lebih untuk mengolah jumlah ikan yang sama," kata dia.

Ia menambahkan bahwa pihaknya sangat berterima kasih kepada PLN karena bantuan ini sangat berarti di masa pandemi ini. Dirinya juga menuturkan bahwa nantinya setelah masa aktif sertifikat halal yang sudah didapatkan berakhir, ia akan memperpanjang masa berlaku sertifikat tersebut dengan memanfaatkan kerja sama yang telah dibangun dengan PLUT KUMKM Provinsi Kalbar.

"Penjualan saat pandemi seperti ini memang mengalami penurunan, tapi kami tidak pantang menyerah dan mencoba berbagai cara untuk bertahan," kata dia.

Tidak hanya menyajikan menu siomay dan batagor, Melvin juga memiliki berbagai menu yang lezat seperti ayam penyet, ayam geprek, nasi goreng, aneka jus, dan menu lainnya yang patut untuk dicoba.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021