Obyek wisata Pantai Pulau Datok di Sukadana di ibu kota Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat  ramai dipadati masyarakat yang ingin menghabiskan hari libur  Idul Fitri 1442 H.

"Saya dari Simpang Hiir datang bersama keluarga untuk menikmati suasana pantai yang cukup ramai," kata salah satu pengunjung Andre saat dihubungi di Sukadana, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa setiap hari liburan hari raya besar Islam ia bersama sanak keluarga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pantai yang pernah menjadi ajang bergengsi Sail Selat Karimata pada  2016.

"Selain untuk menjalin silahturahmi, ke Pantai Pulau Datok juga untuk liburan bersama keluarga sebelum kembali aktivitas masing - masing," jelasnya.

Protokol kesehatan di tempat wisata nomor satu di Kayong Utara tersebut diperketat oleh Pemda dengan menyiapkan posko di setiap pintu masuk pantai dengan memastikan setiap pengunjung menggunakan masker.

"Kalau masuk ke sini wajib menggunakan masker,ini juga untuk kebaikan kita bersama juga dan memang hari begitu,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kayong Utara Tasfirani menyebutkan bahwa kawasan wisata di daerah tersebut tetap dibuka hingga liburan Idul Fitri 1442 H namun tetap dengan ketat mengedepankan penerapan prokes COVID-19.

"Masih tetap dibukanya obyek wisata di daerah ini karena kami mengacu dan memperhatikan yakni tempat wisata tetap dibuka. Hanya saja dan tetap dengan memberlakukan protokol kesehatan," kata dia.

Untuk antisipasi lonjakan pengunjung di kawasan pariwisata terutama di Pantai Pulau Datok sebagaimana pola yang ada saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha serta hari libur terjadi lonjakan wisatawan baik lokal maupun luar dihadirkan posko.

Pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Polisi dan TNI agar tidak ada terjadinya pelanggaran prokes di kawasan pariwisata.

"Semua lokasi wisata yang ada akan dibuka. Hal ini pun akan terus dilakukan koordinasi bersama sejumlah pihak terkait lainnya,"jelasnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021