Personel Polisi Sektor Siding, Kepolisian Resor Bengkayang, Kalimantan Barat, rutin melakukan patroli bahkan hingga ke desa-desa pedalaman meski harus berusaha ekstra untuk sampai seperti yang dilakukan di Desa Tamong daerah perbukitan yang sulit dijangkau.

"Patroli ini kami maksudkan untuk mengunjungi warga desa sekaligus melakukan komunikasi sosial dengan tokoh masyarakat setempat. Ini juga menunjukkan bahwa kami selalu memperhatikan masyarakat di Desa Tamong," ujar Kepala Polisi Sektor Siding, Ipda Bambang Rudiyanto saat dihubungi di Bengkayang, Senin.

Ia menambahkan selain melakukan komunikasi sosial, ia bersama rombongan juga menyampaikan imbauan protokol kesehatan dan membagikan masker kepada warga Desa Tamong. Selama melakukan perjalanan rombongan harus berusaha dengan keras untuk sampai ke daerah tujuan karena berada di daerah perbukitan yang sulit dijangkau.

"Ini merupakan patroli biasa, tetapi kebetulan wilayah Kecamatan Siding khususnya Desa Tamong merupakan wilayah yang sulit dijangkau dan berada di pegunungan. Sehingga saya ingin melihat kondisi wilayahnya secara langsung," ujar Kapolsek.

Kecamatan Siding merupakan daerah yang infrastrukturnya bisa dikatakan tertinggal, terutama akses jalan dikarenakan belum tersentuh aspal sama sekali utamanya yang berada di wilayah pegunungan seperti di Desa Tamong.

Selama di perjalanan, Kapolsek Siding bersama anggota harus melewati medan yang sangat berat. Tantangannya pun bervariasi mulai dari tanjakan curam yang licin, jalanan berbatu, dan harus melewati aliran sungai.

"Tantangannya luar biasa, kami sempat beberapa kali terjatuh bahkan motor kami harus ditarik. Namun, semua itu harus kami hadapi karena ini merupakan wadah kami untuk menjaga kekompakan, sehingga semangat untuk menjaga Kamtibmas selalu terjaga dalam jiwa," jelas Kapolsek.

Warga dan Kades Tamong Tepianus sangat antusias dengan patroli yang dilakukan oleh Kepala Polisi sektor Siding bersama anggotanya, meski cuaca sedang tidak bersahabat rombongan tetap semangat untuk dapat mencapai daerah mereka.

"Terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang diberikan personel Polsek Siding, warga sangat menyambut apa yang lakukan oleh Kapolsek Siding bersama anggota dengan mengunjungi daerah kami yang terpencil dan memiliki akses yang sulit," ujar Kades Tamong,Tepianus.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021