Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Irjen (Pol) R Sigid Tri Hardjanto meminta kepada jajarannya agar profesional dalam menjalankan tugasnya, salah satunya dalam pengelolaan keuangan.

"Kepada para peserta Rakernis, Kasi keuangan, perwira keuangan agar selalu mengecek pertanggungjawaban pengeluaran keuangan tersebut serta meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan mempedomani perundang undangan tentang keuangan," kata R Sigid Tri Hardjanto saat membuka Rakernis Bidang Keuangan Polda Kalbar Tahun Anggaran 2021 di Pontianak, Kamis.

Rakernis itu mengambil tema "Jajaran keuangan siap mendukung percepatan penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional untuk mewujudkan Polri Presisi".

Dia menjelaskan bahwa bidang keuangan merupakan urat nadi organisasi dalam mencapai pengelolaan keuangan yang akuntabel, sehingga harus berintegritas tinggi agar uang negara dikelola bermanfaat pada setiap kegiatan Polri dengan prinsip efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggungjawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan.

Dia juga berharap agar Kabidkeu Polda Kalbar dapat memberikan bimbingan teknis secara terus menerus kepada para pengemban fungsi keuangan di jajaran Polda Kalbar serta meningkatkan komunikasi atau sinergitas dengan fungsi terkait dalam memberikan pelayanan keuangan Polri secara cepat, tepat, baik dan benar guna mendukung operasional Polda Kalbar.

Kapolda Kalbar juga mengingatkan kepada jajarannya agar menghindari yang bersifat seremonial tapi harus mencapai tujuan apa yang dilaksanakan Rakernis tersebut.

Ukuran keberhasilan dari Rakernis ini, yakni adanya perubahan dan tidak ada lagi temuan-temuan pada pelaksanaan audit kinerja baik dari inspektorat maupun badan keuangan, katanya.

"Jika masih ada temuan maka Rakernis ini gagal," ujar Kapolda Kalbar.

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021