Komandan Batalyon (Danyon) 641/Beruang memimpin langsung latihan tempur dalam kelompok yang dimulai dari tingkat regu, tingkat peleton hingga tingkat kompi/baterai, guna mengasah kemampuan dan naluri tempur setiap prajurit TNI.

"Selain kami, latihan tim pertempuran ini juga diikuti dari Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) dan Satbanmin sebagai pendukung materi latihan yang dilaksanakan di Capkala, Bengkayang," kata Danyon R 641/Bru Letkol (Inf) Kukuh Suharwiyono di Bengkayang, Rabu.

Dia menjelaskan, latihan tempur tersebut dipimpin langsung oleh dirinya beserta Perwira dari satuan perbantuan yang dimotori Rindam XII/Tpr sebagai penyelenggara.

"Materi latihan kali ini meliputi pemberian Perintah Operasi (PO), Gerak Maju Untuk Kontak (GMUK), Serangan dan Patroli Tempur," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dia menyampaikan, latihan tim dalam pertempuran perlu dilaksanakan agar para personel yang dipimpinnya dapat meningkatkan keterampilan dalam bertempur.

"Dilaksanakannya latihan pertempuran juga untuk menguji dan mengukur kemampuan tempur satuan dalam mengaplikasikan teknik, taktik dan prosedur tingkat kompi secara terintegrasi sesuai ketentuan yang ditetapkan," ungkapnya.

Sebelum diadakan latihan ini, dia menambahkan, terlebih dahulu dilakukan latihan perorangan dasar sampai tingkat kompi sehingga mampu mengaplikasikan hasil latihan di daerah latihan.

"Taktik serangan merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki setiap prajurit khususnya prajurit infanteri, sehingga setiap prajurit harus mengetahui, mengerti dan memahami, tugas-tugas yang diberikan, yang nantinya dengan seringnya latihan maka mereka menjadi mahir mengaplikasikannya di lapangan sebenarnya," katanya.

 

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021