Pemerintah Kabupaten Bengkayang di Provinsi Kalimantan Barat sudah mulai melakukan vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil, kelompok yang dinilai rentan tertular virus dan berisiko mengalami keparahan jika terinfeksi virus corona.

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis saat dihubungi di Bengkayang, Sabtu, menekankan pentingnya vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil.

"Kalangan ibu hamil memiliki risiko terkena gejala berat apabila terinfeksi COVID-19," katanya.

Dia meminta ibu hamil di wilayahnya segera mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan untuk menjalani vaksinasi COVID-19.

Para ibu, ia mengatakan, tidak perlu takut atau khawatir karena Kementerian Kesehatan sudah menyatakan bahwa vaksinasi COVID-19 aman bagi ibu hamil.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji sebelumnya menyampaikan bahwa pemerintah provinsi ingin mempercepat penuntasan vaksinasi COVID-19 pada 70.000 lebih ibu hamil yang ada di wilayahnya.

"Jumlah ibu hamil di Kalbar yang menjadi sasaran sebanyak 70.000 lebih. Kita akan mengutamakan vaksinasi COVID-19 bagi yang usia kehamilannya di atas tiga bulan dan sebelum delapan bulan," katanya.

Dia meminta Dinas Kesehatan dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 tingkat kabupaten/kota mempercepat penuntasan vaksinasi pada ibu hamil.

"Silakan gerakkan puskesmas dan bekerja sama dengan pihak lainnya untuk mempercepat capaian vaksinasi ini," katanya.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021