Wakil Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat Effendi Ahmad meminta Tim Penggerak PKK hingga di tingkat kecamatan juga ikut melakukan pemberdayaan ekonomi keluarga di desa - desa sehingga bisa andil dalam menghadirkan kesejahteraan masyarakat.

"Setelah dilakukan pelantikan terhadap Ketua TP. PKK Kecamatan Sukadana, Kecamatan Pulau Maya dan Kecamatan Kepulauan Karimata, saya minta ada pemberdayaan ekonomi keluarga. PKK Kecamatan diharapkan mampu memberikan pembinaan bagi PKK desa," ujarnya saat dihubungi di Sukadana, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa dorongan terhadap pemberdayaan tersebut juga sejalan dengan tujuan utama gerakan PKK yakni untuk mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan serta kemajuan baik dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat. Sehingga dengan demikian gerakan yang dipelopori oleh wanita ini dapat menciptakan keharmonisan dan mampu mendorong proses pembangunan.

"Tim Penggerak PKK sangat berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga. Untuk itu saya berharap agar PKK Kecamatan yang baru dilantik bisa menjalankan sepuluh program pokok PKK dan dapat memberikan pembinaan kepada PKK desa. Hal ini guna untuk mewujudkan kesejahteraan serta mendukung proses pembangunan di Kabupaten Kayong Utara," kata Effendi.

Selanjutnya,  Effendi berpesan agar PKK kecamatan dapat mempelajari mekanisme tugas pokok dan fungsi PKK. PKK kecamatan diharapkan sering-sering berkunjung ke dasa guna untuk memberikan pembinaan kepada PKK desa.

"PKK kecamatan keberadaannya sangat strategis dalam memberikan pembinaan kepada PKK yang ada di wilayahnya masing-masing,' jelas dia.

Pelantikan Ketua TP. PKK kecamatan tersebut dilantik oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kayong Utara Julianti Effendi Ahmad serta turut dihadiri oleh Camat se-Kabupaten Kayong Utara dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kayong Utara.

Pewarta: Dedi/Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021