Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat Muda Mahendrawan melepas 9 atlet National Paralympic Committee (NPC) perwakilan Kubu Raya yang akan berangkat bertanding memperkuat kontingen Kalimantan Barat dalam Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021.

"Kita dapat berkontribusi dalam rangka Peparnas di tanah Papua,  merupakan hal yang luar biasa. Kita di Kubu Raya dapat berkontribusi cukup besar mendominasi 20 persen dari total atlet yang dikirim," kata Muda Mahendrawan saat memberikan kata sambutan saat pelepasan atlet NPC di Sungai Raya, Jumat.

Sembilan atlet Kubu Raya ini akan bertanding pada tanggal 2-11 November 2021 mendatang di Papua.

Muda berharap atlet dari Kubu Raya bisa terdorong dan semakin optimis, karena banyak atlet Kubu Raya menorehkan prestasi, baik tingkat Provinsi, Nasional maupun internasional.

"Kami doakan, atlet yang akan berangkat dalam keadaan sehat semua, hingga kembali ke Kubu Raya. Kita berharap dalam perjalanan, semua berjalan dengan lancar, hingga pulang membawa kemenangan," tuturnya.

Dia menambahkan, kemenangan yang sebenar-benarnya yang bisa memberikan satu pesan yaitu spirit menanjak, karena menanjak sudah menjadi spirit main programing.

"Semoga atlet yang dipercaya terdiri dari 9 orang, 5 panahan, 2 angkat berat, 2 atletik. Ini dapat maksimal dan optimal berjuang untuk membuktikan slogan kita Bersama untuk Indonesia," kata Muda.

Muda menambahkan, pemerintah Kubu Raya tentu membangun dengan berkeadilan dan semuanya berupaya untuk diakses dan diperhatikan. Kubu Raya tentu akan mengawal hal tersebut.

"Meski di tengah pandemi, tetap berupaya walaupun dalam batasan kegiatan untuk menyentuh dan memberikan akses kepada semuanya. Saya berharap semua untuk memperjuangkan hal hal yang terkait dengan inklusi dan prestasi dan caranya berkelanjutan," kata Muda.

Untuk menjadi semangat dan keyakinan, Muda menambahkan, NPC kubu raya yang selalu tangguh, tidak pernah cengeng, optimis, punya progresif dan punya daya juang yang tinggi.

"Menanjak itu daya juang, sebuah symbol dan spirit untuk daya juang semuanya. Selamat menjalankan tanggung jawab untuk maksimal dalam berjuang, karena kita selalu mengedepankan diksi tanggung jawab," katanya.

Muda meyakini, Pemerintah Kubu Raya tidak akan melepaskan rasa tanggungjawab terhadap semua prestasi yang diberikan oleh semua pihak semua, termasuk didalam olahraga, seni dan budaya yang merupakan bagian penting, untuk memperkuat pariwisata,olahraga, budaya, literasi-literasinya.

Sementara Ketua NPC KKR  Jafri mengatakan, para atlet yang akan ikut kegiatan di dalam Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) tersebut lolos mengikuti seleksi di tingkat Kalimantan Barat. 

"Atlet NPC sebanyak 340 atlet se-Kabupaten Kubu Raya. Namun yang lolos seleksi hanya Sembilan orang," katanya.

Dia menambahkan, kebanyakan atlet NPC Kubu Raya selalu melakukan pelatihan mandiri, baik tempatnya maupun dengan pendanaanya.

"Alhamdulillah atlet NPC ini kuat, bergerak dan termotivasi atas bantuan-bantuan yang diberikan dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya," tuturnya.

Jafri menambahkan, atlet NPC se-Kalimantan Barat yang akan berangkat ke tanah Papua sebanyak 50 atlet. 

"Dari jumlah tersebut, 9 atlet dari Kubu Raya, jadi sekitar 20 persen yang akan berangkat ke tanah papua. Mudah-mudahan ke depan, terus memberikan motivasi terhadap atlet-atlet Kubu Raya, terutama semakin banyak lagi yang mengikuti ajang tersebut," kata Jafri.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021