Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) terus berupaya meningkatkan kualitas kesehatan yangm dirangkai dalam peringatana Hari Kesehatan Nasional yang ke-57 di Kota Pontianak.

“Kami memberikan apresiasi yang luar biasa yang hadir dalam kegiatan ini,” kata Ketua PKK Pontianak Yanieta Arbiastutie, Minggu.

Yanieta menjelaskan, Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Launching Germas ini sangat perlu untuk memberikan semangat dalam merubah pola hidup yang lebih sehat kepada masyarakat. “Germas ini tidak hanya bertanggung jawab untuk dinas kesehatan. Tapi, juga tanggung jawab kita semua,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan, pola hidup sehat berawal dari lingkungan kecil seperti keluarga. Maka dari itu dia berharap semua jadi pelopor supaya bisa merubah pola hidup sehat dengan cara olahraga secara rutin.

Sementara itu, Kepala Dinas kesehatan Kota Pontianak Sidig Handanu mengatakan, saat ini pihaknya juga mendukung program pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat dengan membiasakan dan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat serta ikhtiar dengan melakukan vaksinasi.

“Penyakit Tidak Menular (PTM) setiap tahun semakin meningkat, baik itu penyakit jantung, stroke, dan sebagainya. Tentu ini membuat berbagai pihak ikut merasakan keprihatinan, dengan menyebarnya PTM tersebut, perekonomian masyarakat juga ikut terdampak,” jelasnya.

Ia berharap, upaya Pemkot Pontianak melalui program Germas diharapkan dapat memulihkan perekonomian masyarakat secara merata di Kota Pontianak, guna mewujudkan hal yang perlu diciptakan seperti situasi yang kondusif. Akan tetapi, dengan dukungan dari berbagai pihak.

Pewarta: Andilala dan Dela

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021