Perusahaan  energi listrik  PT Sarana Esa Cita (SAC) menargetkan tahun  2022 sudah memiliki satu unit lagi Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) di area Pabrik Pengelolaan Sawit (PKS) di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

"Kalau di Kalbar kami ada dua perusahaan. Kebun yang ada di Sambas sudah ada PKS dan PLTBg. Nah selanjutnya pada 2022 target kami di triwulan III sudah ada PLTBg," ujar Senior Mill Managar PT Sarana Esa Cita, Sudarman di Sambas.

Ia menjelaskan dihadirkan PLTBg lagi di setiap kebun atau PKS sebagai bentuk untuk berkomitmen sebagai perusahaan yang mengedepankan kelestarian, bertanganggu jawab atas dan  keberlanjutan budidaya dan industri sawit secara umum di Kalimantan Barat.

"Dengan PLTBg komitmen kami juga untuk menekan emisi gas rumah kaca. Selain itu juga mendukung pemerintah dan PLN dalam meningkatkan pemanfaatan Energi Baru Terbaru (EBT)," jelas dia.

Menurutnya, pihaknya juga siap menjual listrik dari PLTBg ke PLN. Sehingga memberikan dampak dan manfaat yang luas bagi lingkungan dan daerah.

"PLTBg memanfaatkan limbah cair dari PKS. Limbah diubah menjadi energi listrik. Konsepnya dalam budidaya sawit, ada PKS hingga limbahnya dapat dimanfaatkan," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021