PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat prioritaskan pengamanan kelistrikan  di 141 titik menjelang perayaan ibadah Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Abdul Farid di Jayapura, Rabu, mengatakan dalam masa siaga ini, tempat ibadah menjadi fokus utama pengamanan kelistrikan PLN.

Baca juga: Natal 2021 - Tahun Baru 2022, PLN pastikan layanan listrik tetap andal

"Bahkan PLN UIWP2B menyiagakan 1.381 personel guna mengamankan pasokan listrik saat perayaan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022," katanya. 

Menurut Farid, personel tersebut terdiri dari 758 pegawai PLN dengan 623 petugas pelayanan teknik beserta dua grup Pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) di wilayah Papua dan Papua Barat.

"Sebanyak 32 posko yang tersebar di seluruh unit pelaksana juga disiapkan pada masa siaga mulai 18 Desember 2021 hingga 10 Januari 2022,"ujarnya. 

Baca juga: 48.179 petugas PLN disiagakan saat Natal dan Tahun Baru

Penyiapan siaga petugas dan posko PLN selama menyambut Natal dan Tahun Baru 2022, menurut Farid, untuk memastikan agar suplai listrik terus andal dan petugas di lapangan dapat cepat merespon apabila terjadi gangguan.

"Sebelumnya, PLN telah melakukan berbagai persiapan dalam menjaga keandalan listrik, apel gelar pasukan dan peralatan di setiap Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), inspeksi penyulang dan gardu serta penyisiran jaringan serta pemangkasan dahan-dahan yang medekati jaringan listrik telah dilaksanakan," katanya lagi.

Baca juga: PLN berbagi tips aman hindari bahaya listrik saat banjir

Dia menambahkan kondisi cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini, membuat pihaknya perlu bertindak lebih preventif dan mempersiapkan semuanya.

"Diharapkan seluruh masyarakat dapat merelakan pohon-pohonnya untuk ditebang apabila sudah terlalu dekat dengan jaringan listrik dan berpotensi mengganggu pasokan daya ke pelanggan,"harapnya.

Baca juga: PLN matikan aliran listrik sementara saat banjir
 

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021