Asisten II Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara (KKU), Ronny Iswandi meminta masyarakat menjadikan seni dan budaya sebagai sarana pemersatu bangsa.

"Dewasa ini seni budaya bagian paling utama bagi kita dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, pergelaran seni budaya ini bukan semata untuk di tonton, tapi karena di dalam seni budaya itu terkandung nilai-nilai kebersamaan, kekompakan dan keserasian sehingga menciptakan sesuatu yang indah," ujar Ronny  di Kayong Utara, Sabtu.

Ia menambahkan bahwa seni dan budaya sebagai sarana pemersatu bangsa juga sejalan dengan pasal 32 ayat 1 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang berbunyi negara memajukan kebudayaan nasional di tengah-tengah peradaban dunia, dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya.

"Kesenian tradisional harus tetap dilestarikan di berbagai daerah dan jangan sampai punah dengan memberikan kesempatan pada seni budaya tradisional untuk berkembang," jelas Ronny.

Untuk memberikan perhatian kepada seni dan budaya, Pemda KKU melakukan berbagai upaya di antaranya kegiatan sosialisasi pembinaan kebudayaan yang dapat dijadikan wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup dan tumbuh serta berkembang di dalam kehidupan masyarakat. 

"Saya memberikan apresiasi atas kegiatan sosialisasi pembinaan seni budaya sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa dalam mendukung budaya kearifan  lokal yang ada di Kabupaten Kayong Utara," ucap Ronny.

Pewarta: Dedi

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022