Aliansi Masyarakat Akar Rumput (Amar) Kalimantan Barat menegaskan, bahwa Putra terbaik Kalimantan Barat yang juga anggota DPR RI Komisi II Drs.Cornelis.MH, dinilai layak menjadi Mentri di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo.

"Presiden Jokowi perlu memasukan Cornelis dalam calon Menteri Menpan RB, karena juga beliau mempunyai rekam jejak yang sesuai pernah menjadi ASN, Bupati dua periode, Gubernur Kalbar dua periode dan DPR RI sekarang," kata Ketua Amar Kalbar Frans Asok, Rabu.

Dirinya menyebutkan Cornelis yang merupakan tokoh Dayak Borneo sudah layak mewakili Kalimantan menjadi Mentri di dalam kabinet Jokowi saat ini, apa lagi mengingat adanya pemindahan ibukota baru yang berdiri di Kalimantan yang disebut IKN (Ibu Kota Nusantara).

"Seperti yang kita ketahui pada tahun 2020 lalu Cornelis juga telah memperjuangkan Tenaga Honorer atau Kontrak Daerah dalam rapat kerja bersama Menpan RB. Di situ beliau berbicara mengenai solusi untuk mengatasi masalah tersebut," tuturnya.

Frans Asok berpendapat, kemungkinan masyarakat di Kalimantan khususnya di Kalimantan Barat berharap, adanya putra daerah yang bisa mengisi posisi menteri di kabinet Joko Widodo. Sebab sampai saat ini belum ada putra dari Kalimantan khususnya Kalbar yang mengisi kursi di kementerian.

"Pak Cornelis bagi saya orang yang tepat mengisi Kursi Menpan RB karena dilihat dari kemampuan, pengalaman dan karir yang sangat baik dari figur terbaik Kalbar ini. Dan sudah sepantasnya Pak Jokowi bisa mempertimbangkan usulan ini,"  katanya.

Berdasarkan surat nomor B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, tertanggal 4 Juli 2022, Presiden RI Joko Widodo menunjuk Tito Karnavian sebagai Menpan RB Ad Interim untuk mengisi kekosongan jabatan sementara mulai dari tanggal 4 hingga 15 Juli 2022. 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022