Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting yang seharusnya tampil pada babak pertama turnamen BWF Super 750 Japan Open 2022, memutuskan mundur akibat mengalami cedera punggung, Rabu.

Menurut dokter Pelatnas PP PBSI yang menyertai timnas di Osaka, Jepang, Grace Joselini Corlesa, pemain unggulan keenam itu mengalami cedera sehingga batal bertanding melawan pebulu tangkis asal Thailand, Kunlavut Vitidsarn pada babak 32 besar.

Baca juga: China bawa dua gelar di Kejuaraan Dunia BWF 2022

"Ginting mengalami cedera punggung bawah atau kita sebut low back pain. Dia sudah menjalani terapi dan tata laksana medis sejak ada keluhan setelah babak perempat final di Kejuaraan Dunia melawan Viktor Axelsen di Tokyo pekan lalu," kata dokter Grace lewat informasi tertulis PP PBSI di Jakarta.

Menurut Grace, Ginting belum bisa bermain maksimal meski kondisinya membaik. Sehingga, menurut tim medis keputusan terbaik bagi Ginting ialah menarik diri dari Japan Open.

"Sampai kemarin ada perkembangan membaik, tapi bila dipaksakan untuk bermain hasilnya pasti tidak maksimal dan bahkan risiko cederanya makin parah," tutur Grace.

Baca juga: Empat wakil Indonesia maju ke perempat final Kejuaraan Dunia BWF 2022

Menyikapi hal ini, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky pun membenarkan keputusan pelatnas untuk menarik keikutsertaan Ginting setelah mendengar keterangan pihak-pihak terkait.

Bahkan Rionny juga mendapat informasi dari pelatih tunggal putra Irwansyah, yang menuturkan bahwa Ginting sempat merasakan sakit di punggungnya saat mengambil shuttlecock dalam pertandingan kontra Axelsen.

"Ginting masih mencoba latihan dua hari kemarin, tapi memang dia bilang tidak sanggup untuk bertanding karena rasa sakit apalagi ketika menunduk. Rekomendasi dokter juga tidak memberikan izin untuk dia bertanding, jadi kami putuskan untuk menariknya," jelas Rionny.

Rionny berharap dengan penanganan yang baik, Ginting bisa cepat pulih dan kembali berlatih dan bertanding. Rencananya Ginting akan pulang lebih awal ke Jakarta untuk mendapat perawatan.

Baca juga: Anthony Ginting vs Axelsen di perempat final Kejuaraan Dunia

Baca juga: Anthony Ginting akan reuni dengan Shi Yu Qi

Anthony Sinisuka Ginting dipaksa menelan kekalahan di gim pembuka saat menghadapi Ygor Coelho, sebelum akhirnya mendulang dua kemenangan pada gim terakhir dan sukses melalui babak 64 besar Kejuaraan Dunia 2022 di Tokyo, Senin.

Pebulu tangkis juara Singapore Open 2022 ini tampil lambat di gim pertama, memaksanya harus bermain rubber game melawan atlet asal Brazil dengan skor 13-21, 21-15, 21-12.

"Pertama Puji Tuhan bisa menyelesaikan pertandingan dengan baik dan tanpa cedera juga. Di gim pertama saya bermain cukup tegang, dari pergerakan kaki juga terlalu lambat jadi kurang bisa bermain dengan pola saya sendiri," kata Ginting menceritakan lewat keterangan resmi PP PBSI di Jakarta.

Enggan mengulangi kesalahannya di gim pembuka, unggulan keenam mengubah tempo permainan pada gim kedua dan ketiga. Pada gim kedua, Ginting memainkan level permainan yang meningkat drastis sehingga membuat Coelho tak berkutik.

Baca selengkapnya: Ginting telan kekalahan hadapi Ygor Coelho di gim pembuka Kejuaraan Dunia

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022