Kepala Search and Resceu (SAR) Pontianak, Yopi Haryadi mengungkapkan, setelah melakukan pencarian selama dua hari sejak tanggal  20 hingga 22 September 2022, tim SAR gabungan berhasil menemukan seorang nelayan korban tenggelam di Sungai Pawang yang terletak di Delta Pawang, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

"Korban diketahui hilang dua hari yang lalu saat mencari ikan di Sungai Pawan, Ketapang dan berkat kekompakan seluruh tim dalam pencarian korban hari ini sudah ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia," kata Kepala Kantor SAR Pontianak Yopi Haryadi, Kamis.

Kepala SAR Pontianak, Yopi mengatakan korban ditemukan meninggal di sekitar Jembatan Pawan 1, selanjutnya korban telah dievakuasi untuk diserahkan kepada pihak keluarga.

Yopi menambahkan, pencarian terhadap korban tenggelam itu sejatinya telah memasuki hari kedua. " Hari ini merupakan pencarian hari kedua dan kami bersyukur korban sudah bisa di temukan,” ujar Yopi.

Di jelaskan Yopi, kecelakaan air itu bermula terjadi pada  20 September 2022  pukul 23.00 WIB, dimana korban menggunakan sampan motor berangkat mencari ikan seorang diri ke Perairan Sungai Pawan. 

Kemudian keesokan harinya 21 September 2022 pukul 06.00 WIB  salah seorang warga Zainal ketika akan mandi menemukan sampan korban yang hanyut dan tersangkut di batang kayu. Namun korban tidak berada di atas sampan motornya.

Menurut Zainal saat menemukan sampan motor korban terdapat alat tangkap ikan dan tas korban yang berisi HP. Mengetahui hal itu usaha pencarian sempat dilakukan warga dan keluarga korban namun korban belum ditemukan.

“Korban seorang laki-laki bernama lengkap Parto Karisma berumur 44 tahun warga Kalinilam Kecamatan Delta Pawang, Kabupaten Ketapang. Menurut informasi yang kami terima, korban diketahui  memiliki riwayat penyakit mudah pingsan.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022