PT PLN (Persero) mengklaim mempunyai pembangkit energi baru terbarukan berkapasitas 8,5 gigawatt yang bisa memenuhi kebutuhan industri dan bisnis hijau di Indonesia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mengakselerasi transisi energi dengan meningkatkan bauran energi baru terbarukan demi mencapai target netralitas karbon pada tahun 2060.

"Kapasitas pembangkit energi baru terbarukan yang dikelola PLN bakal terus meningkat. Pada 2030, total kapasitas pembangkit listrik ramah lingkungan ditargetkan mencapai 28,9 gigawatt," ujarnya dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Selasa.

Baca juga: PLN tingkatkan keandalan mesin pembangkit dukung pelaksanaan MTQ Ketapang

Baca juga: PLN Kalbar tambah daya mampu mesin pembangkit listrik

Berdasarkan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030, PLN berkeinginan menambah kapasitas pembangkit energi baru terbarukan sebesar 20,9 gigawatt.

Dalam peta jalan itu, porsi pengembangan setrum bersih mencapai 51,6 persen. Darmawan menuturkan dokumen itu membuktikan komitmen perseroan dalam menjalankan transisi energi demi kehidupan bumi yang lebih baik.

Ia menyampaikan bahwa pengembangan energi baru terbarukan sebesar 20,9 gigawatt didominasi oleh pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Total penambahan kapasitas PLTA yang terpasang bisa mencapai 10,4 gigawatt.

Selain itu, pemasangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) juga ditingkatkan dengan total penambahan kapasitas terpasang 4,7 gigawatt hingga tahun 2030.

Baca juga: PLN tambah dua pembangkit perkuat listrik Bali dukung KTT G20

Baca juga: PLN tingkatkan efisiensi pembangkit listrik antisipasi tuntutan era baru

Menurutnya, Indonesia juga punya potensi panas bumi yang bisa dikembangkan dengan target penambahan kapasitas terpasang sebesar 3,4 gigawatt dalam delapan tahun ke depan.

"Kami juga menggali potensi sumber daya lain seperti bayu, biomassa, biogas, sampah dan pembangkit energi baru terbarukan baseload dengan total penambahan kapasitas pengembangan bisa mencapai 2,5 gigawatt," terang Darmawan.

Khusus tahun ini, PLN telah menambah kapasitas energi baru terbarukan sebesar 159,35 megawatt yang bersumber dari pembangkit listrik di 20 lokasi. Jumlah penambahan daya setrum bersih itu naik drastis karena dari 11 lokasi pembangkit yang ditargetkan justru realisasinya mencapai 20 lokasi pembangkit.

Baca juga: Pembangkit EBT 648 MW PLN ditargetkan beroperasi tahun ini

Baca juga: Progres pembangunan pembangkit PLN di Bangkanai lewati 90 persen

Rincian penambahan 159,35 megawatt energi baru terbarukan tersebut, yakni 87,07 megawatt dihasilkan oleh PLTA, 69,38 megawatt dari PLTP, dan 2,91 megawatt dari PLTS.

“Saat ini kita tengah menghadapi transisi energi. Selanjutnya, kita akan menggunakan pembangkit listrik yang berbasis energi baru terbarukan. Namun, transisi energi bukan sekadar itu, tetapi ini adalah peralihan dari bahan bakar berbasis fosil yang impor dan mahal ke energi baru terbarukan yang lokal, murah, dan ramah lingkungan,” pungkas Darmawan.


 

Sub-holding PT PLN (Persero), PLN Indonesia Power bersama ACWA Power mendorong pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung Singkarak dan Saguling dengan kapasitas masing-masing pembangkit sebesar 50 megawatt ac (MWac) dan 60 MWac dengan total investasi USD 104,95 juta. 

Upaya ini merupakan salah satu wujud PLN mendukung transisi energi dalam gelaran presidensi KTT G20 pada November mendatang. 

Selain dari sisi pengembangan EBT, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan pengembangan PLTS Terapung ini akan menjadi revolusi pengembangan EBT dalam negeri. 

Pengembangan PLTS Terapung Singkarak direncanakan dengan kapasitas 50 MWac dengan target COD pada 2025, sementara PLTS Terapung Saguling direncanakan dengan kapasitas 60 MWac yang diperkirakan akan COD pada 2024.  Baca selengkapnya: PLN siap kerjakan proyek PLTS terapung Singkarak dan Saguling


Baca juga: PLN bangun pembangkit energi bersih 10,6 GW hingga 2025
Baca juga: PLN : Pengoperasian SUTT Andoolo-Kasipute optimalkan energi bersih
Baca juga: Sektor hulu migas siapkan 58 kargo LNG untuk pembangkit listrik

Pewarta: Sugiharto Purnama

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022