Bupati Kayong Utara, Citra Duani  ketika menghadiri Festival Pekan Peduli Orangutan di Yayasan Palung, Desa Pampang, Sukadana, Selasa (14/11) mengatakan populasi hewan langka itu  dalam 50 tahun terakhir terus berkurang.
.

Pekan Peduli Orangutan merupakan salah satu kegiatan rutin yang  diadakan Yayasan Palung.

Dalam kesempatannya, Citra mengungkapkan jumlah populasi orangutan sangat menurun drastis hanya dalam waktu kurang dari 50 tahun. Penurunan drastis ini, disebabkan oleh hilangnya habitat yang merupakan tempat tinggal orangutan.

"Jumlah populasi orangutan Kalimantan yang saat ini diperkirakan hanya tersisa sekitar 57.350 individu saja. Namun, jika dibandingkan dengan estimasi populasi pada tahun 1973 sebanyak 288.500 individu, ini menunjukkan penurunan jumlah yang sangat drastis berkurang sebesar 80% hanya dalam waktu kurang dari lima puluh tahun," kata Bupati Citra.

"Berkurangnya habitat orangutan salah satunya disebabkan oleh kebutuhan global yang terus meningkat juga berdampak pada industri agrikultur, pertambangan, dan perkayuan. Selain itu, alih fungsi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit juga menjadi salah satu penyebab utama," tambah Bupati Citra.

Untuk itu, kata Citra, Festival Pekan Peduli orangutan merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan bersama untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada siswa-siswi dan masyarakat secara luas tentang pentingnya untuk melestarikan keberadaan orangutan, sehingga keberadaannya akan selalu terjaga dan tidak akan punah.

"Mulai dari pemerintah, LSM konservasi dan konsumen, sampai ke pihak swasta baik perkebunan kelapa sawit, pertambangan dan pihak swasta yang bekerja d isektor kehutanan (HPH dan HTI), kita semua harus bekerja sama memastikan kelestarian orangutan bagi generasi berikutnya," papar Bupati Citra.

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022