Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Melawi dalam upaya menjaga keselamatan pengguna jalan sejak Rabu (16/11) melakukan perbaikan jalan dengan penimbunan dan pengecoran jalan rusak dan berlubang yang ada di jalan depan Gang Abdul Manan Desa Pall Kecamatan Nanga Pinoh.  

“Perbaikan jalan itu kami lakukan dengan menggunakan pasir, batu dan semen dengan pengecoran pada jalan provinsi yang kondisinya berlubang dan rusak parah. Karena jalan tersebut tergenang air sebelumnya kami juga harus membuang air agar pengecoran dapat dilakukan dengan baik,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Melawi, Iptu Danda Sulvi Pratama di Melawi, Kamis.

Danda mengatakan perbaikan jalan provinsi sepanjang 1 kilometer itu sengaja dilakukan sebab di jalan tersebut rawan akan terjadinya kecelakaan bagi masyarakat yang melintas di jalan tersebut.  

Sementara itu, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Satlantas Polres Melawi.

"Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, Satlantas Polres Melawi telah melakukan penimbunan dan perbaikan ruas  jalan provinsi Nanga Pinoh, dan itu dikerjakan hingga selesai," ujar AKBP Sigit.

AKBP Sigit menjelaskan salah satu faktor utama penyebab terjadinya fatalitas kecelakaan  lalu lintas adalah ketidaklayakan  kondisi jalan yang dilalui pengendara.

"Tindakan yang dilakukan guna mengantisipasi dan menghindari kecelakaan lalu lintas mengingat ruas jalan yang  mengalami kerusakan berbahaya bagi pengendara dan berada di poros jalan provinsi," terang AKBP Sigit.

Menurut Kapolres Melawi, perbaikan dan penimbunan jalan demi keselamatan masyarakat saat melintasi ruas jalan yang mengalami kerusakan  dan didasari atas banyaknya pengaduan masyarakat yang langsung kepada pihak Kepolisian baik melalui medsos mau pun langsung kepada personil Polres Melawi yang berada di lapangan.

"Kami bertindak cepat dan tidak menginginkan bertambahnya korban kecelakaan," pungkas Kapolres.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022